Home Palembang LCC Museum Balaputra Dewa Bakal Digelar September, Konsepnya Tetap Perhatikan Protokes Covid-19

LCC Museum Balaputra Dewa Bakal Digelar September, Konsepnya Tetap Perhatikan Protokes Covid-19

0

PALEMBANG, PE – Tahun ini, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum tingkat siswa SMP se Sumatera Selatan. Rencananya, lomba tahunan ini akan digelar pada 8 September 2020.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi, SH menjelaskan, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum sebagai upaya mengasah pengetahuan siswa dalam memahami sejarah dan budaya Sumatera Selatan terutama koleksi yang tersimpan di Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa.

“Oleh sebab itulah, tahun ini kita tetap menggelar lomba ini sebagai motivasi siswa untuk terus belajar, salah satunya di bidang sejarah dan budaya Sumsel,” terang H Chandra saat membuka Rapat Koordinasi Kegiatan LCC Museum tingkat siswa SMP se Sumsel di Gedung Auditorium Balaputra Dewa, Senin (29/6).

Dalam rapat ini dihadiri Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumsel Merry Jamraeny, S.Pd, M.M, Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Umum Palembang Ekspres, M Iqbal dan Direktur Rich Solution, Rambimas Putra BM.

Lebih jauh dia menjelaskan, lomba ini rencananya akan digelar pada 8 September 2020. Pelaksanaan lomba nantinya tetap mengikuti pendisiplinan Protokol Kesehatan (Protokes) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita lihat dulu, pelaksanaannya nanti apakah luar jaringan (luring) atau dalam jaringan (daring), namun kami pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

H Chandra menambahkan, jumlah peserta nantinya juga akan mengundang siswa di sekolah swasta. Dengan begitu diharapkan motivasi siswa untuk belajar sejarah dan budaya Sumsel bisa menyeluruh ke sekolah di Sumsel.

“Jumlah peserta yang akan kita undang sekitar 27 sekolah, masing masing sekolah ada tiga peserta dan suporternya. Juara dalam lomba ini akan kita ikutsertakan dalam lomba tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober nanti,” ujarnya.

Ketua AGSI Sumsel Merry Jamraeny, S.Pd, M.M, mengapresiasi rencana LCC Museum tingkat siswa SMP se Sumsel. Oleh sebab itulah, persiapan sudah semestinya harus dilakukan secara matang agar bisa bersaing di tingkat nasional.

“Terutama soal untuk peserta harus didesain dengan bobot yang baik sehingga utusan kita di tingkat nasional bisa meraih juara,” ujarnya.

Selama ini, sambung dia, persentase soal berkenaan dengan adat dan budaya, pemahaman pahlawan nasional dan permuseuman. “Untuk soal juga tidak tertulis namun langsung dibacakan saat pelaksanaan LCC nanti,” terangnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here