Home Sumsel Musi Banyuasin Menuju kehidupan New Normal, Semua Wajib Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Menuju kehidupan New Normal, Semua Wajib Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

0
Sekda Pimpinan Apel Kesiapan Menuju Kehidupan New Normal di Muba

MUBA.PE – Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Sekretaris Daerah Drs H Apriyadi MSi., Memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Penegakan disiplin protokol Kesehatan pada masyarakat menuju kehidupan new normal di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, di Halaman Makodim 0401 Muba, Sabtu (1/06/2020).

Dalam sambutan Bupati Musi Banyuasin yang disampaikan Sekda Muba Drs H Apriyadi, Bupati menyampaikan ucapkan terima kasih kepada seluruh Jajaran Kodim 0401 Muba, Jajaran Polres Muba dan Jajaran Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin yang terlibat langsung dalam satuan gugus tugas percepatan penanganan dan pencegahan Covid- 19, khususnya dalam rangka penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan di lokasi-lokasi fasilitas umum, baik milik pemerintah maupun fasilitas-fasilitas umum non pemerintah menuju kehidupan new normal kedepanya yang akan dihadapi dan jalani secara bersama-sama.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Ketua Satuan Gugus Tugas Kabupaten Musi Banyuasin, saya mengingatkan kepada kita semua seluruh petugas gugus tugas khususnya rekan rekan yang akan bertugas melaksanakan penegakan disiplin dilapangan, kita diminta oleh pimpinan dalam rangka menghadapi wabah Covid-19 ini. Kita tidak bisa lagi hanya berdiam diri, semua aktifitas sudah harus mulai menghadapi penerapan new normal (adaptasi Kehidupan Baru) dengan kuncinya wajib seluruhnya warga Muba untuk mentaati protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari kedepannya “, terangnya.

Artinya, kalau semua aktivitas selama ini banyak yang dibatasi dan ditutup tidak diperbolehkan, mulai kedepan secara bertahap dan berkesinambungan, lanjut Apriyadi, akan mulai diterapkan dan akan mulai diberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas. “Akan tetapi dengan memenuhi persyaratan -persyaratan yaitu persyaratan protokol kesehatan dengan ketat kuncinya adalah meningkatkan disiplin dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, penerapan sosial distancing/physical distancing (jaga jarak minimal 1-2 Meter) Cuci tangan pake sabun di air mengalir dan tentunya wajib bermasker saat beraktifitas diluar rumah, terutama di fasilitas-fasilitas umum yang besar peluangnya, besar kemungkinannya menjadi cluster penularan Virus Corona,” paparnya.

Ditambahkan Sekda, sasaran utama dalam hal penegakan disiplin protokol kesehatan ini ada pada fasilitas layanan publik dan pada pasar pasar milik pemerintah daerah yang melakukan aktivitas setiap hari, angkutan kendaraan umum, rumah ibadah dan sekolah, dan lokasi lainnya yang wajib diantisipisi bersama. Selain itu fasiltas fasiltas pendukung seperti tempat cuci tangan dan atau Hand Sanitizer, petugas mengecek suhu tubuh dan lainnya, wajib disediakan sesuai aturan protokol kesehatan.

“Di Kabupaten Musi Banyuasin ini 6 pasar yang perlu kita lakukan penegakan disiplin protokol kesehatan. Oleh karena itu, kami berpesan kepada satgas Gugus Tugas yang akan turun ke lapangan ini, tegakkan disiplin dan aturan aturan berdasarkan protokol kesehatan dan edukasi kepada masyarakat, beri pengertian, dan jika perlu apabila tidak menurut berikan sanksi-sanksi sosial untuk menumbuhkan kesadaran seperti pembersihan lokasi pasar dan fasum misalnya,” tandasnya.

Terakhir, Apriyadi juga berharap agar semua warga Mus Banyuasin wajib disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan meningkatkan imun tubuh.

Terpisah, Kepala Disperindag Muba Azizah menerangkan bahwa 6 Pos Pasar tersebut meliputi Pasar Randik, Pasar Perjuangan, Pasar Sungai Lilin, Pasar Babat Toman, Pasar Mangun Jaya, dan Pasar Bayung Lincir, yang ada setiap hari dan ditambah pasar kalangan yang jadwalnya hanya setiap seminggu sekali

“Dengan masih adanya pandemi Covid-19 tentunya ini awal baru. Kita harus membudayakan hidup bersih dan sehat untuk selamanya masa pandemi ini, pelaksaanan New normal dapat diterapkan di tempat-tempat umum, khususnya seluruh pasar tempat interaksi antar pedagang dan pembeli wajib disipilin melaksanakan sosial/physical distancing, wajib menggunakan masker, tumbuh dari kesadaran kita semua dan satuan gugus tugas akan berkolaborasi bersama melakuka. pengawasan baik dari Pemkab Muba, TNI dan Polri,”pungkasnya.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Dandim 0401 Muba Letkol Arm Muhammad Saiffudin Khoiruzzamani SSos Mhan, Kajari Muba Suyanto SH MH, Perwakilan Kapolres, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Sekayu serta diikuti 20 orang personil dari Kodim 0401/Muba, 15 orang personil Polres Muba, 10 orang Pol-PP . Muba, 10 orang Dishub Muba, 10 orang BPBD Muba, Gugus Tugas Covid-19 serta 10 orang Dinkes Muba, dan Disperindag. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here