Home Warta Kodam Merawat Kebhinekaan, Kodim Pati Kembali Lakukan Komunikasi Sosial

Merawat Kebhinekaan, Kodim Pati Kembali Lakukan Komunikasi Sosial

0

PATI, PE – Kodim 0718/Pati kembali melaksanakan kegiatan serbuan komunikasi sosial (Komsos), setelah berturut-turut mulai Ahad (21/6/2020) Komsos dengan perguruan pencak silat Cempaka Putih di Kecamatan Gunungwungkal. Dilanjutkan keesokannya, Selasa (23/6/2020) Komsos dengan aparat Pemerintah Kabupaten Pati. Dan hari ini kembali digelar acara serupa yakni Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di wilayah Kodim 0718/Pati di Aula Makodim, Jalan Panglima Sudirman, nomor 76, Pati.

Kegiatan yang bertemakan “Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme /Separatisme Dalam Bingkai NKRI” merupakan agenda dari program kerja Kodim 0718/Pati tahun anggaran 2020 dalam rangka pembinaan teritorial (Binter).

Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin

Acara dibuka oleh Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much Sholihin SAg MSi didampingi oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 0718/Pati Kapten Inf Kusmiyanto pagi tadi menghadirkan perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Budaya, serta Tokoh Pemuda seluruh kabupaten Pati.

“Semua kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan Silaturahmi yang Harmonis dengan seluruh komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan suatu kemampuan untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya paham radikalisme/Separatisme. Negara kita saat ini sedang mengalami pandemi covid-19 tentunya kita harus menjaga Imun tubuh agar tetap sehat agar terhindar dari penularan dari covid-19. Dan sekarang kita menjelang dalam tatanan dengan kebiasaan baru (New Normal) tentunya kita harus mengikuti himbauan dari pemerintah untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Mayor Sholihin.

Kasdim juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai upaya untuk merawat kebhinnekaan guna menangkal radikalisme /Separatisme dalam bingkai NKRI dan meningkatkan pemahaman komonikasi sosial dalam mendukung tugas pokok TNI Khususnya dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dan melalui kemanunggalan TNI-rakyat adalah untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dengan cara merawat kebhinnekaan untuk menangkal radikalisme dan memberikan pemahaman wawasan kebangsaan demi tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Dasar 1945.

“Inilah pentingnya wawasan kebangsaan dengan menanamkan nilai-nilai jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI guna mencegah provokasi atau hasutan yang dapat menimbulkan tindakan radikal atau kekerasan di masyarakat sehingga dapat menimbulkan konflik,” papar Kasdim. (Agus/Pendim)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here