Home Pariwisata Mulai Hari Ini, Museum Balaputra Dewa Kembali Dibuka

Mulai Hari Ini, Museum Balaputra Dewa Kembali Dibuka

0

PALEMBANG, PE – Setelah sempat ditutup pada Maret lalu, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa kembali dibuka untuk umum, Jumat (19/6). Hanya saja, pengunjung yang ingin melihat koleksi museum ini harus patuh pada protokol kesehatan (protokes).

Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi, SH menjelaskan, mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) membuat museum milik Pemprov Sumsel ini sempat menutup kegiatan wisata sejarah untuk umum.

“Tepatnya akhir Maret lalu kita menutup seluruh tata pameran koleksi museum,” kata H Chandra, Jumat (19/6).

Selama ditutup, pengelola melakukan kegiatan pemeliharaan koleksi sejarah yang tersimpan di museum yang ada di Jalan Srijaya, No 1, RW 5, Kecamatan Alang-Alang Lebar ini, termasuk melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan berbasis herbal ke seluruh sudut gedung dan koleksi.

“Tujuannya tiada lain agar koleksi yang kita miliki ini tidak rusak dan mencegah penularan Covid-19,” terangnya.

Namun, setelah dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Palembang serta arahan dari Dinas Pariwisata Sumatera Selatan, museum terbesar di Sumsel ini kembali memamerkan koleksi kepada masyarakat umum.

“Hanya saja, setiap pengunjung yang datang ke museum terikat pada protokes seperti wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke museum serta menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman,” jelas H Chandra.

Sebelum masuk ke museum, suhu tubuh pengunjung juga harus diukur menggunakan termometer tembak. Jika ada pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, pihaknya melarang untuk masuk ke museum.

“Kita sudah menyiapkan seluruh fasilitas dalam menerapkan protokes ini, seperti termometer tembak, tempat cuci tangan disertai sabun dan handsanitizer. Seluruh pengunjung harus mengikuti protokes itu,” terangnya.

Untuk kegiatan operasional, Museum Balaputra Dewa membuka seperti biasanya yakni Selasa hingga Jumat dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, Sabtu dan Ahad pukul 08.00 WIB- 15.00 WIB serta Senin dan libur nasional ditutup.

“Biaya masuk juga tidak berbeda yakni orang dewasa Rp2.000 dan anak kecil Rp1.000,” sebutnya.

Dia berharap agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir sehingga kegiatan di sektor pariwisata bisa berjalan seperti biasa. “Selama penutupan, pegawai museum kita berlakukan shift masuk untuk menghindari kerumunan di ruang kerja. Begitu juga pada masa dicabutnya PSBB ini, pegawai kita bekali face shield terutama bagi pegawai yang bertugas menerima tamu ataupun guide,” katanya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here