Home Headline News Museum Balaputra Dewa Kembali Selamatkan Benda Sejarah, Kali Ini Koin Pitis

Museum Balaputra Dewa Kembali Selamatkan Benda Sejarah, Kali Ini Koin Pitis

0

PALEMBANG, PE – Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa kembali menyelamatkan peninggalan sejarah di era Kerajaan Sriwijaya. Kali ini, museum milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ini menerima koin pitis dari penyelam. Koin yang diterima langsung Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, H Chandra Amprayadi SH, seberat 7,5 kilogram (kg).

“Alhamdulillah secara sadar, warga menyerahkan ratusan keping uang koin pitis yang diduga pernah beredar di masa Kerajaan Sriwijaya untuk menjadi koleksi museum. Kita sangat bahagia bisa melestarikan peninggalan sejarah ini,” kata H Chandra kepada palpres.com, kemarin.

Dia menjelaskan, koin pitis sudah teregistrasi dalam situs Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), koin pitis merupakan uang zaman dahulu yang terbuat dari tembaga atau timah tipis yang berlubang bulat di tengahnya.

“Koin pitis ini ditemukan di dasar Sungai Musim di antara Kampung Kapitan hingga PT Pusri. Kami sangat berterima kasih atas serahan koin ini sehingga menjadi salah satu koleksi dan bisa mengedukasi masyarakat yang berkunjung ke museum kita,” ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, koin pitis ini selanjutnya akan langsung dikonservasi oleh Konservator Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa. Hal ini mengingat, beberapa bagian koin sudah terlihat berlumut dan berkarat. Jika sudah dibersihkan, koin tersebut akan langsung dipamerkan pada gedung pameran.

“Karena koin ini sudah lama terendam di dasar sungai sehingga harus dibersihkan dahulu oleh tim Konservator kita. Jika sudah dibersihkan baru bisa kita pamerkan,” katanya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here