Home Sumsel Banyuasin Sampel Limbah PT Sutopo Diuji ke Provinsi, RJB Minta DLH Banyuasin Transparan 

Sampel Limbah PT Sutopo Diuji ke Provinsi, RJB Minta DLH Banyuasin Transparan 

0

BANYUASIN, PE – Peralatan laboratorium di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin kondisinya tidak berfungsi karena rusak. Hal ini membuat pengaduan masyarakat masalah limbah terhambat, karena harus dikirim ke UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Sumsel di Palembang untuk diuji.

Seperti sampel limbah milik PT Sutopo Lestari Jaya (SLJ) di Desa Gasing, Kecamatan Talang Kelapa yang dilaporkan oleh Relawan Jaya Bersatu (RJB) Kabupaten Banyuasin beberapa waktu lalu.

“Sampel limbah PT. SLJ yang dilaporkan masyarakat belum dapat disimpulkan, lantaran lab masih rusak,” ungkap Noorman Apriansyah Kasi Gakum DLH Banyuasin kepada Palpres.com.

Ia menyembutkan limbah PT.SLJ yang diuji keluar Kabupaten beberapa  jenis paramater seperti COD dan N Total. Hanya jenis BOD yang bisa diuji oleh lab DLH Banyuasin.

Apabila hasil lab PT SLJ nanti terbukti ada masalah cemar lingkungan, dia menegaskan akan berikan sanksi sesuai prosedur ketaatan peraturan yang berlaku.

Menurutnya ada tiga tahapan sanksi yang akan dikenakan apabila terbukti melanggar  berupa teguran tertulis, paksaan hingga pembekuan izin.

“Mudah-mudahan hasil lab sudah keluar, dan itupun kami menunggu verifasikasi dari Kepala DLH,” katanya.

Ketua RJB Banyuasin Iswandi meminta agar DLH Banyuasin transparan terhadap hasil sampel limbah yang diuji laboratorium sesuai dengan parameter baku mutu air limbah.

“Kami sangat yakin perusahaan CPO tersebut diduga mencemari sungai gasing dampak limbah perusahaan menyebabkan air sungai pekat dan bau,”katanya singkat. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here