Home Polda Sumsel Tangkap 47 Tersangka Narkoba dan 35 Tersangka 3C

Tangkap 47 Tersangka Narkoba dan 35 Tersangka 3C

0
Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi, MM

PALEMBANG.PE- Pada minggu ke 4 Juni 2020, Dit Res Narkoba dan Dit Reskrimum Polda Sumsel bersama Polres jajaran berhasil mengungkap kasus Tindak Pidana Narkoba dan 3C (Curas, Curat dan Curanmor). Sebanyak 47 Tersangka Narkoba dan 35 Tersangka 3C, berhasil diamankan.

Demikian ditegaskan oleh Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Supriadi, MM di ruang kerjanya, saat menggelar Press Release tentang hasil ungkap kasus Tindak Pidana Narkoba dan Kasus 3C.

“Pada minggu ke 4 ini, Dit Res Narkoba Polda Sumsel dan Polrestabes/ Polres jajaran mengungkap 31 Kasus dan menangkap sebanyak 47 tersangka. Dari 47 tersangka tersebut terdiri dari pengedar 34 orang, dan pemakai 13 orang. Sedangkan barang bukti yang disita Shabu 1154,01 Gram, Ganja 36,89 Gram dan Ekstasi 8 Butir,’’ tegas Supriadi, Senin (29/9).

Dari segi kuantitas, menurut Supriadi, Laporan Polisi yang diungkap yaitu Polrestabes Palembang (12 LP), Polres OKI ( 7 LP) dan Polres MUBA (6 LP). Sementara dari segi kualitas kasus adalah Polres Lubuk Linggau yaitu sebanyak 1.040 Gram Shabu, Polres Musi Banyuasin sebanyak 28,14 gr Shabu, dan Polrestabes Palembang sebanyak 27,38 gram Shabu.

“Untuk kasus Narkoba yang menonjol pada minggu ke 4 ini adalah terungkapnya pengedar narkoba dengan barang bukti narkoba jenis Shabu sebanyak 1.040 gram, oleh Polres Lubuk Linggau. Dari barang bukti Narkoba yang disita (Shabu, Ganja, dan Ekstasi), Dit Res Narkoba Polda Sumsel telah berhasil menyelamatkan sebanyak 7.124 anak bangsa dari bahaya penyalahgunaan Narkoba,’’ ujar Kabid Humas.

Sedangkan Dit Reskrimum Polda Sumsel dan Polres/ tabes jajaran pada Minggu ke 4 Juni 2020, kata dia, mengungkap kasus 3C (Curas, Curat dan Curanmor) sebanyak 28 kasus tindak pidana.

“Dari 28 kasus tindak pidana yang terungkap oleh Ditreskrimum Polda Sumsel dan Polres/ tabes jajaran tersebut, terdiri dari beberapa kasus yaitu Curat 13 kasus, Curas 12 Kasus, Curanmor 2 kasus, Pembunuhan satu dan Anirat nihil,’’ ungkapnya.

Terbanyak yang mengungkap Kasus 3C, lanjut dia, adalah Dit Reskrimum Polda Sumsel 5 kasus, Polrestabes Palembang 4 Kasus, Polres OKI 4 Kasus, sedangkan 2 kasus masing- masing adalah Polres Musi Banyuasin, Polres Banyuasin, Polres lahat, Polres PALI, dan Polres Muratara.

“Ada 35 tersangka yang ditangkap Dit Reskrimum Polda Sumsel dan Polrestabes/ Polres jajaran terdiri dari Curat19 Tersangka, Curas ada 13 Tersangka, Curanmor ada 2 Tersangka, dan Pembunuhan ada 1 Tersangka,’’ paparnya.

Ditambahkan oleh Kombes Pol Pol Drs Supriadi, MM, bahwa di masa Pandemi Covid-19, Dit Res Narkoba dan Dit Reskrimum Polda Sumsel serta Polres/ tabes Jajaran tidak behenti melakukan pengungkapan kasus-kasus yang terjadi dan diharapkan peran serta masyarakat dalam ungkap Kasus 3C (Curas, Curat dan Curanmor) dan Tindak Pidana Narkoba diwilayah hukum Polda Sumsel.

Kabid Humas juga menghimbau untuk masyarakat Propinsi Sumsel agar meningkatkan pengawasan terhadap anak dan keluarga masing-masing dari penyalahgunaan Narkoba, yang sangat dapat merusak generasi penerus bangsa.

“Sedangkan dalam upaya mencegah terjadinya tindak pidana Curas, Curat dan Curanmor, saya berharap kepada masyaraka Provinsi Sumsel untuk selalu waspada serta meningkatkan keamanan dilingkungannya masing-masing, terutama bagi pemilik kendaraan motor dan mobil untuk menambah kunci pengaman agar terhindar dari curanmor,’’ tukasnya. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here