Home Sumsel Martapura Terobosan Pembangunan Dinas Perkim OKUT di Kawasan Padat Penduduk

Terobosan Pembangunan Dinas Perkim OKUT di Kawasan Padat Penduduk

0
Bupati OKUT H Kholid Mawardi MD bersama Kadis Perkim Danan Racmat SE MS.i

MARTAPURA,PE -Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perkim Kabupaten OKU Timur kembali membuat terobosan, sebuah program pembangunan kawasan dan permukiman di kota baru Selatan Martapura. Terobosan itu dilakukan, berlatar belakang dari populasi kepadatan pendudukan yang makin tahun makin meningkat di Kabupaten OKU Timur.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten OKU Timur Danan Racmat SE MSI mengatakan, kawasan permukiman tersebut akan ditata dengan sangat detail dengan aspek-aspek yang terperinci. Sehingga pembangunan tersebut tidak terkesan asal-asalan dan tentunya akan terkesan tidak kumuh, sehingga terlihat di tata dengan sangat tepat.

“Saya berkaca pada wilayah Kota Metropolitan, yang memiliki kepadatan penduduk yang sangat luar biasa dan juga manusianya. Untuk Kabupaten OKU Timur ini tidak menutup kemungkinan memiliki kepadatan penduduk juga. Untuk itu saya berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan terobosan, guna mengantisipasi kepadatan penduduk tersebut melalui Dinas Perkim ini,”jelasnya.

Danan juga menambahkan, tentunya untuk mewujudkan hal tersebut bukan hal yang mudah. Tapi dirinya yakin dan optimis, jika hal tersebut akan terealisasikan.

“Saya sangat membutuhkan dukungan ataupun sentuhan dari Pemerintah Daerah ataupun Pusat. Tidak hanya itu, saya juga mengimbau kepada masyarakat dan pengembang agar melebarkan akses jalan untuk keamanan dan ketertiban supaya hal ini dapat saya wujudkan,” harapnya.

Ditambahkan Danan, terkait penataan kawasan permukiman pun ada hal yang sangat penting yang harus di perhatikan, seperti perencanaa teknis, pembangunanan perumahan penduduk, penyediaan jaringan jalan raya, penyediaan jaringan sanitasi dan drainase, jaringan listrik, air, dan komunikasi, serta pembangunan sarana hunian masyarakat tidak mampu

“Kemudian juga pemanfaatan penggunaan lahan hunian sebagai rumah hunian, dan penggunaan lahan sebagai fasilitas umum seperti fasilitas, kesehatan, pendidikan, peribadatan, perdagangan dan jasa, pemerintahan, pariwisata dan ruang terbuka hijau , “ paparnya.

Penyediaan kelengkapan pembangunan perumahan pemukiman tersebut, lanjutnya, dapat dibangun oleh pihak pengembang, oleh pemerintah, atau kolaborasi antara pengembang dan pihak pemerintah.

“Yang tak kalah penting dalam pembangunan perumahan dan pemukiman adalah estetika dalam pembangunan, dengan memperhatikan keindahan dalam penataan bangunan.”tutupnya. NIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here