Home Warta Kodam Bakti TNI Korem Gapo Fokus TMMD di Desa Sarang Lang

Bakti TNI Korem Gapo Fokus TMMD di Desa Sarang Lang

0

PALEMBANG, PE – Dalam beberapa hari terakhir, satuan wilayah di jajaran Korem 044/Gapo terutama Kodim 0402/OKI melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 108 di Desa Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Kegiatan TMMD ini merupakan salah satu dari kegiatan Bakti TNI, selain Karya Bakti, Bakti Sosial dan Penanggulangan Bencana Alam.

Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji SIP Ssos menjelaskan, kegiatan Bakti TNI sebagai upaya meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat.

“Seperti kegiatan TMMD yang sekarang sedang kita laksanakan di Desa Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir, salah satu kegiatan yang diyakini masih membantu kesulitan warga,” jelas Danrem Gapo disela Sosialisasi Petunjuk Teknis Tentang Bakti TNI di Korem 044/Gapo yang dihadiri oleh Direktur Sistem dan Metode Pusat Teritorial Angkatan Darat Brigjen TNI Achmad Said, S.Sos di Balai Prajurit Makorem 044/Gapo, Selasa (7/7).

Saat ini, sambung Jenderal Bintang Satu, progres pekerjaan fisik TMMD Desa Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan Barat OI sudah berjalan cukup signifikan. Seperti pelebaran jalan yang menghubungkan dari Sarang Lang ke Desa Pulau Negara sepanjang 1,8 kilometer dengan luas tujuh meter sudah berjalan 35 persen.

“Ada juga rehab Masjid Nurul Huda di Desa Sarang Lang sudah 15 persen dan rehab Masjid Nurul Qolbu Desa Pulau Negara,” jelas Brigjen Jauhari.

Dia berharap, sosialisasi yang diikuti sejumlah personel Korem 044/Gapo, personel polisi dan perwakilan masyarakat ini bisa memahami langkah yang dilaksanakan dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang kuat dan tangguh dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat guna mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat.

“Dengan Bakti TNI yang dilaksanakan bisa memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” harap Danrem 044/Gapo.

Sementara itu, Direktur Sistem dan Metode Pusat Teritorial Angkatan Darat Brigjen TNI Achmad Said, S.Sos mengatakan Bakti TNI sebagai upaya dalam mengatasi kesulitan rakyat.

“Bakti TNI sebagai upaya kita dalam menjaga Kedaulatan negara,” terang Brigjen Achmad Said.

Di Sumsel, sambung dia, pembinaan teritorial harus difokuskan pada kesadaran masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mengingat kebiasaan warga membuka lahan dengan cara membakar bisa mengganggu kesehatan.

“Termasuk masalah Covid-19 ini, bagaimana peran personel TNI memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19,” jelasnya. RIS/DVI

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here