Home Konsultasi Berbuat Salah karena Aib akan Disebar

Berbuat Salah karena Aib akan Disebar

0

Redaksi Yth.

Saya mohon pencerahannya. Beberapa waktu lalu, saya dipaksa kawan saya untuk melakukan hal yang sebetulnya tak ingin saya lakukan. Saat itu dia mengancam bila tidak melakukan hal itu, maka akan menyebarkan aib saya sehingga nama baik saya tercemar. Jujur, sejak saat itu saya menjadi sangat tidak tenang. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah hal itu bisa saya ajukan dia ke muka hukum. Terima kasih atas jawabannya.

Ny M, Palembang

Jawaban

Kami turut prihatin kepada si korban. Untuk itu kami akan membantu memecahkan persoalan yang dialaminya, karena sungguh terpaksa si korban untuk melakukan suatu perbuatan yang sama sekali tidak dinginkannya.

Tetapi hal itu demi menutupi aibnya, sehingga perbuatan itu tetap dilakukannya. Walaupun perbuatan yang akan dilakukannya itu, mungkin merupakan perbuatan yang melawan hukum.

Tapi jangan khawatir negara kita negara hukum, setiap perbuatan yang melawan hukum akan diancam dengan hukum juga. Untuk hal yang dialami korban gunakan saja Senjata Pamungkas (Ultimum Remedium), dalam hal ini kita gunakan pasal 335 KUHP yang isinya:

Ayat (1) Dihukum penjara selama-lamanya satu tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp 4.500,-

1e. Barang siapa dengan melawan hak memaksa orang lain untuk melakukan, tiada melakukan, atau membiarkan barang sesuatu apa dengan kekerasan, dengan sesuatu perbuatan lain ataupun perbuatan yang tak menyenangkan atau dengan ancaman kekerasan, ancaman dengan suatu perbuatan lain, ataupun ancaman dengan perbuatan yang tak menyenangkan, akan melakukan sesuatu itu, baik terhadap orang itu ataupun terhadap orang lain

2e. Barang siapa memaksa orang lain dengan ancaman penistaan lisan atau penistaan tulisan supaya ia melakukan, tidak melakukan, atau membiarkan barang suatu apa.

Kalau kita perhatikan peristiwa tersebut, unsur yang tidak dibolehkan dalam peristiwa tersebut diatas adalah perbuatan yang akan membuka aib orang lain, apabila tidak dilakukan.

Perbuatan yang akan membuka aib orang lain adalah suatu perbuatan yang tidak menyenangkan. Dengan demikian korban dapat melaporkan peritiwa tersebut diatas kepada penegak hukum, dalam hal ini kepada Polri.

Catatan: Terhadap perbuatan yang diterangkan pada angka 2e, merupakan delik aduan.

Demikian dan terima kasih

Rohman Hasyim, SH, MH
Advokat & Wakil Ketua 3 STIHPADA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here