Home Ekonomi Dorong Pengusaha Kuliner Konsen Makanan Khas Palembang

Dorong Pengusaha Kuliner Konsen Makanan Khas Palembang

0
Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda memberikan keterangan pers didampingi Ketua Umum Aspenkup Yus Elisa alias Bunda Raya (kiri) dan Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Selatan, Arniza Nilawati (kanan).

PALEMBANG, PE – Menyongsong hari jadinya yang pertama pada September mendatang, Asosiasi Pengusaha Kue Palembang (Aspenkup) menggelar acara Ramah Tamah Kepengurusan Aspenkup di Aula Gedung DPD RI Perwakilan Sumatera Selatan, Kamis (16/7).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Selatan, Arniza Nilawati, Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatera Selatan Herlan Asfiudin, dan Ketua Umum Aspenkup Yus Elisa alias Bunda Raya tamu undangan lainnya.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, banyak sekali makanan khas Kota Palembang dengan aneka rasa dan bentuk. Inilah yang menjadikan Palembang sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Indonesia.

“Pemerintah Kota Palembang terus mendorong supaya teman-teman dari Aspenkup menggiatkan makanan khas Kota Palembang. Kita ingin mendokumentasikan seluruh makanan itu,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, Pemkot Palembang juga akan membantu pengusaha dengan pemberian bantuan modal tanpa bunga dan agunan.

“Bahkan di tahun 2020 ini rencananya kami akan mendirikan Rumah UKM. Akan tetapi lantaran ada Covid-19, semua anggaran digunakan untuk penanggulangan pandemi,” ujarnya.

Namun begitu, ia melanjutkan, Pemkot Palembang tetap akan memberikan pendampingan kepada pengusaha, baik dalam hal bantuan modal serta pendampingan agar bisnis bisa tetap berjalan di tengah pandemi.

“Kita promosikan usaha-usaha ini, terutama yang menyangkut makanan khas Kota Palembang,” tukasnya.

Ia berharap Aspenkup dan asosiasi apapun di Kota Palembang bisa merambah tingkat nasional, bahkan mancanegara.

Ketua Umum Aspenkup, Yus Elisa, mengatakan, ini merupakan kegiatan awal dari roadshow, yang sudah digelar sejak awal April hingga September mendatang.

“Jadi selama rentang waktu itu, kita akan mengadakan roadshow di beberapa kecamatan di Kota Palembang. Kita sangat disupport oleh Ibu Fitri sebagai Wawako, yang juga pelindung Aspenkup,” ujarnya kepada awak media usai acara.

Sedangkan Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumsel, Arniza Nilawati mengatakan, Palembang kurang menunjang dalam hal wisata alam. Namun, kota ini memiliki daya tarik dari sisi kulinernya. Inilah yang harus dikembangkan agar Palembang dikenal publik sebagai destinasi wisata kuliner.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar Aspenkup lebih memperluas cakupannya. Tidak hanya konsen pada kue. Tapi juga makanan lain.

“Ada satu kekhawatiran ke depan, makanan khas kita diambil oleh wilayah lain lantaran tidak dipatenkan,” ucapnya.

Pengusaha kuliner, menurut dia, harus mendapat perhatian lebih serius dari pemerintah dalam hal permodalan. Makanya turut diundang dalam acara tersebut perwakilan dari bank-bank pelat merah, seperti Bank Mandiri, BRI, Bank Sumsel Babel, dan lainnya.

Acara ramah tamah itu dikemas dalam bentuk tradisi khas Palembang, yakni ‘Minum Tambang’. Sebuah tradisi yang mulai terlupakan berupa jamuan makan, yang disajikan gadis-gadis cantik berbusana tradisional Palembang. Sejumlah makanan yang disajikan merupakan kuliner khas Palembang, seperti laksan, celimpungan, serta aneka kue hasil inovasi dari para anggota Aspenkup. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here