Home Polda Sumsel Kapolda Berharap Pilkada 7 Kabupaten Aman

Kapolda Berharap Pilkada 7 Kabupaten Aman

0
Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri saat melakukan silaturahmi bersama pengurus DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumsel, Senin (13/7/2020).

PALEMBANG, PE -Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri berharap, pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di 7 Kabupaten se Sumsel bisa berjalan aman, lancar dan adem nantinya.

Hal ini disampaikan Kapolda saat melanjutkan safari politik dengan melakukan silaturahmi bersama pengurus DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumsel, Senin (13/7/2020).

Di kesempatan itu, Kapolda menyampaikan terhadap parpol pihaknya, ingin mengajak menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember ini untuk sama-sama menjaga kondisi keamanan yang kondusif dan tanpa konflik.

“Pilkada Kabupaten di Sumsel ini, terasa iwaknya, karena uwongnya itu- itu lah galo dan kenal galo,” kata Eko yang saat pertemuan itu turut didampingi sejumlah Pejabat Utama (PjU) Polda Sumsel ini.

Menurut Jenderal polisi bintang dua tersebut, kandidat yang bertarung sudah kenal, maka diharapkan tidak ada gesekan yang terjadi nantinya, dan semua pihak menerima hasil Pilkada tersebut.

“Seperti di OKU Timur itu keluarga Pak Gubernur (Herman Deru) galo, di Muratara juga mantan incumbent galo. Kalau OKU Selatan aman sepertinya satu paslon, termasuk PALI juga. Artinya lebih terasa karena dilingkungan yang dekat, antara pendukung satu dan pendukung lain dekat,” jelasnya.

Oleh karena itu diungkapkan Eko, peran semua pihak termasuk partai politik sangat penting, untuk mengedukasi masyarakat atas proses dan hasil Pilkada nanti, dalam mencari pemimpin kepala daerah atas pilihan rakyat. Termasuk, ia yakin akan kinerja dari KPU dan Bawaslu sebagai penyelanggara dan pengawas pemilu selama ini.

“Kalau memang kalah tidak masalah kalau memang aturannya seperti itu dan harus jandle. Tapi yang galak manasi ini para pendukung itulah, yang kadang dapat informasi setengah-setengah atau informasi yang salah dan inilah perlu edukasi kita. Boleh kepala panas tetapi tidak boleh melakukan hal-hal yg merugikan kita sendiri. Seperti bakar ini yang merupakan bangunan kita sendiri, apalagi kalau ada yang mati karena pembunuhan kita sendiri yang susah. Wasit- wasit pemilu juga kita ingatkan, tinggal kita buat suasana ini adem,” tandas Kapolda.

Sementara Ketua DPW PBB Sumsel Ir Armansah MM menyatakan sependapat dengan yang disampaikan Kapolda, agar pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan kondusif tanpa konflik antar paslon.

“Kami terima kasih dikunjungi Kapolda Sumsel untuk pertama kali, meski sebelumnya sudah diagendakan namun belum kesampaian. Kita apresiasi kedatangan Kapolda dan jajarannya, dan kita sebagai partai politik sangat mendukungnya,” tutur Armansya yang didampingi Sekretaris Chandra Darmawan, Bendahara Elli Susanti dan pengurus PBB lainnya.

Dilanjutkan Armansah, jika di Sumsel yang melaksanakan Pilkada serentak terdapat daerah “hebat” atau rawan seperti Muratara yang jika protes melakukan aksi tutup jalan, termasuk di OI yang gesekannya akan luar biasa, sehingga perlu perhatian semua pihak.

“Tapi, kami berpesan untuk pengurus daerah, untuk saling menjaga secara mandiri dan koordinasi dengan penyelenggara pemilu maupun jajaran kepolisian. Sehingga Pilkada berjalan damai tanpa gesekan, sehingga menghasilkan pemimpin berkualitas,” pungkasnya. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here