Home Sumsel Kayu Agung Realisasikan Lumbung Beras Nasional, Forum Komunikasi Tani Terus Jalin Sinergi

Realisasikan Lumbung Beras Nasional, Forum Komunikasi Tani Terus Jalin Sinergi

0
Forum Komunikasi Tani Kabupaten OKI.

KAYUAGUNG, PE – Pertanian yang menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Dimana beberapa program telah berkembang pesat, dan mampu menyuplai beras hampir ke seluruh daerah di Indonesia.

Data terakhir yang tercatat bahwa Kabupaten OKI menjadi salah satu wilayah penghasil padi terbesar ke-2 di Provinsi Sumatera Selatan, dan juga masuk 10 besar Nasional daerah penghasil lumbung beras.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Forum Komunikasi Sahabat Tani OKI, M Zen Bakri saat ditemui, Selasa (28/7/2020) pagi.

“Kualitas pertanian merupakan program unggulan Pemerintah Daerah yang selalu mendapat dukungan, baik instansi terkait maupun Kementerian pertanian pusat. Itu merupakan buah dari kerjasama pemerintah dan para petani yang tersebar di 18 Kecamatan,” ujar Bakri.

Dijelaskan Zen Bakri, bahwa program – program yang dicanangkan pemerintah sangat membantu, dan telah mampu meningkatkan taraf hidup para petani.

“Selama ini kami petani telah banyak mendapat bantuan sarana dan prasarana pertanian dari pemerintah melalui bapak bupati dan Dinas Pertanian. Sudah puluhan Alat Mesin Pertanian atau (Alsintan) telah dibagikan sejak tahun 2018 dan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dari Tahun 2019 yang dicanangkan oleh Kementan untuk membantu petani yang bercocok tanam pada lahan rawa gambut juga telah terealisasi dengan baik,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan, Musmulyadi petani asal Pampangan. Ia mengatakan, selama ini bantuan pemerintah sangat dirasakan langsung manfaatnya bagi petani.

“Iya tadinya sawah saya sulit mendapatkan air karena irigasi tidak berjalan baik, Alhamdulillah berkat bantuan alat penyedot air di musim kemarau bisa memperoleh air yang cukup. Selain itu pupuk subsidi juga dapat diperoleh dengan mudah, dan sesuai takaran yang dibutuhkan,” kata Musmulyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman dan Holtikultura (KPTH) OKI, Ir Syahrul mengatakan, realisasi target rencana luas tanam sudah mencapai setengahnya. “Dari total rencana lahan di OKI yang akan dipanen seluas 172.524 ha, sudah terealisasi 43.272 ha. Untuk hasil panen, realisasi produksi gabah kering per tahun adalah 219.432 dan target produksi beras 557.729 ton, sudah terealisasi 139.888 ton,” ungkap Syahrul.

“Kebutuhan Kabupaten OKI dalam satu tahun 96.725 ton beras, artinya surplus kita dalam 1 tahun adalah 461.4 ton beras,” tambahnya. IAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here