Home Sumsel Banyuasin Sampel Limbah Diuji Ke Lab, PT Mardec Musi Lestari dan Bintang Gasing...

Sampel Limbah Diuji Ke Lab, PT Mardec Musi Lestari dan Bintang Gasing Persada Siap-Siap Disanksi

0

BANYUASIN, PE –Dinas Lingkungan Hidup Banyuasin telah melakukan analisa limbah di dua perusahaan pengelolaan karet yang berbeda yakni PT Mardec Musi Lestari dan Bintang Gasing Persada. Dua perusahaan Ini berdiri di dekat Sungai Desa Gasing Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin.

Kepala DLH Banyuasin Izromaita menegaskan bahwa pihaknya telah mendatangi perusahaan untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait limbah yang mencemari sungai di desa setempat.

“Sampel limbah di dua perusahaan itu sudah kita ambil untuk diuji ke Laboratorium,” ujar Izromaita Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin.

Dari kroscek di lapangan, secara kasat mata limbah cairnya bagus, tapi tidak ada pengaruhnya keruh dan jernih. Bisa jadi limbahnya tampak jernih dikolam setelah diuji dari beberapa parameter ternyata diatas baku mutu.

“Tidak ada jaminan kolam limbah jernih dan keruh, kita mau terkecoh oleh perusahaan maka diambil sampe limbah untuk diuji ke lab,” ujarnya.

Hanya sayangnya hasil lab tidak bisa cepat karena masih terkendala lab DLH rusak. Oleh karenanya, terang Izro sampel dikirim ke laboratorium lingkungan di DLH Provinsi Sumsel.

“Kita masih menunggu hasil lab DLH Sumsel, jika limbahnya melampaui baku mutu. Jelas nanti siap-siap akan disanksi sesuai Pergub Sumsel,” tegasnya.

Ketua RJB Banyuasin Iswandi menegaskan, dari empat perusahaan yang dilaporkan ke DLH Banyuasin, didapati dua perusahaan yang telah diberikan sanksi paksaan yakni PT BAP dan Sutopo Lestari Jaya.

“Kami minta dua perusahaan yakni PT Mardec Musi Lestari dan Bintang Gasing Persada juga diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegasnya. BUDĀ 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here