Home Sumsel Lahat Stok Daging Aman, Tetap Terapkan Prokes

Stok Daging Aman, Tetap Terapkan Prokes

0
Tim Bidang Keswan dan Perternakan, mengecek kesehatan hewan kurban, Kamis (16/7). Foto : BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Bidang Kesehatan Hewan dan Peternakan, Dinas Pertanian, Kabupaten Lahat melakukan pengecekan ke tempat pemotongan hewan maupun penjual kurban. Guna memastikan stok daging jelang Idul Adha aman. Serta hewan kurban yang dijual juga sehat dan layak.

Salah satu penjual hewan dan daging kurban, H Amsari menjelaskan, untuk persiapan daging menjelang Idul Adha, dalam bebeapa hari terakhir akan datang. Untuk persiapan, lanjut dia sekitar 40 sapi kurban baik dari lokal maupun impor. Sementara untuk hewan kurban, persiapan ada 60-70 ekor sapi. “Karena untuk biaya makan hidupnya mahal, jadi mendekati Idul Adha baru datang. Sekitar beberapa hari lagi,” ungkapnya ditemui di Tempat Pemotongan Hewan (TPH) Kurban miliknya, di Jl Demang Kenasin, Lahat, Kamis (16/7/2020).

Lanjutnya, untuk konsumsi daging memang ada penurunan pada masa pandemi Covid-19 ini. Biasanya 2-3 ekor sapi per hari dipotong. Kali ini hanya 1-2 ekor sapi yang dipotong. Begitupun untuk hewan kurban, biasanya mencapai 60 ekor sapi terjual. Namun untuk saat ini baru 25 ekor yang dibeli. “Sapi kurban juga berkurang saat Covid-19 ini,” ungkapnya.

Senada disampaikan TPH milik Hj Fitiriana. Salah satu karyawan TPH mengaku, biasanya 1-2 ekor sapi dipotong. Namun saat ini paling hanya 1 ekor perhari.

Beberapa yang dicek lainnya seperti di TPH milik H Syahril Kelurahan Kota Jaya, Kecamatan Lahat. Lalu melihat stok daging beku di Bulog Cabang Lahat dan Hypermart Lahat, serta penjual hewan kurban di Muara Siban Lahat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Lahat, Ir Otong Heriadi Msi melalui Kepala Bidang Keswan dan Peternakan, drh Astin Tri Saputra menjelaskan, bahwa pihaknya melalukan pengecekan untuk memastikan ketersedian daging jelang Idul Adha dan hewan kurban. “Stok daging aman. Kita juga menghimbau agar penjual tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, penjual juga diberikan sosialisasi terkait penjualan hewan kurban yang layak dan sehat. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here