Home Headline News Tambah 50 Kasus Corona Hari Ini

Tambah 50 Kasus Corona Hari Ini

0

PALEMBANG, PE – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan masih terus bertambah. Pada Senin (13/7), ada penambahan kasus baru sebanyak 50 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri, saat konferensi pers virtual di Command Center Pemprov Sumsel mengatakan, tambahan kasus positif Corona hari ini di Sumsel rinciannya, Palembang 46 orang, Musi Banyuasin 1 orang, Lubuklinggau 1 orang, dan Banyuasin 2 orang.

“Kasus sembuh pada hari ini ada penambahan 23 orang. Mereka berasal dari Palembang 19 orang, Musi Banyuasin 2 orang, dan Lubuklinggau 2 orang. Sehingga total pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 1310 orang,” ujarnya merinci.

Sedangkan penambahan kasus meninggal hari ini sebanyak 4 orang, yang berasal dari Palembang 3 orang dan Banyuasin 1 orang. Sehingga total kasus meninggal akibat Covid-19 di Sumsel sebanyak 129 orang.

Berdasarkan data tersebut di atas, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumsel sebanyak 2703 orang, kasus selesai 1439 orang, dan kasus aktif 1264 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga hari ini sebanyak 9284 orang, selesai dilakukan pemantauan 7665 orang, masih dalam proses pemantauan 1619 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) total keseluruhan 1247 orang, selesai pengawasan 794 orang, proses pengawasan 453 orang.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagian besar penderita Covid-19 adalah orang tanpa gejala. Bisa saja orang yang terlihat sehat di sekitar kita, sesungguhnya mengandung virus. Terlebih orang itu tidak dilakukan pemeriksaan laboratorium.

“Ini yang dapat menularkan kepada kita. Karena itu, gunakanlah masker. Sesungguhnya masker itu untuk melindungi diri sendiri dan keluarga kita di rumah,” tukasnya.

Masyarakat silakan beraktivitas normal seperti biasa. Tetaplah produktif, namun tetap menjalankan protokol kesehatan. Ini dimaksudkan agar aman dari penularan Covid-19.

“Silakan beraktivitas sebagaimana biasa dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Aktivitas jalan, tetap produktif. Namun dalam menekan penularan, kita mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Dikatakan dia, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit saat ini sebanyak 600 orang. Jumlah tersebut masih bisa ditampung rumah sakit yang ada di Sumsel.

“Kapasitas tempat tidur rumah sakit di Sumsel sebanyak 1300. Jadi masih mencukupi,” imbuhnya.

Terkait kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah saat pelaksanaan tahun ajaran baru, ia mempersilakan, asalkan daerah tersebut masuk zona biru atau hijau. “Namun tetap dilaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” tukasnya.

Sedangkan sekolah yang berada di daerah zona merah, dikatakan dia, belum dianjurkan oleh Pemerintah untuk menggelar kegiatan belajar mengajar tatap muka. Apabila sekolah bersangkutan tetap melaksanakan, maka harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pihak sekolah harus bisa memastikan bahwa protokol kesehatan itu betul-betul berjalan,” pungkasnya. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here