Home Sumsel Muara Rupit ASN dan Kades Harus Jadi Panutan Ciptakan Pilkada Damai

ASN dan Kades Harus Jadi Panutan Ciptakan Pilkada Damai

0
Kepala Kesbangpol Muratara, Drs Kasir Masuli

MURATARA,PE- Mendekati masuknya tahapan Pilkada Serentak mulai terasa peningkatan suhu politik, seperti di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Di Muratara saat ini banyak pihak telah menjurus ke isu SARA untuk menjatuhkan lawan politik, yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan konflik jelang Pilkada.

Hal itu seperti diungkapkan langsung Kepala Kesbangpol Muratara, Drs Kasir Masuli kepada Palembang Ekspres, Selasa (4/8/20). Dia mengatakan, meskipun tahapan Pilkada serentak itu belum dimulai karena belum ada penetapan pasangan calon oleh KPU, tetapi kegiatan politik saat ini sudah mulai mengarah dan mengerucut ke dukungan dari masing-masing kandidat.

Melihat hal itu dia mengimbau kepada ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa, kiranya jangan begitu mencolok dalam mendukung salah satu balon paslon karena memang itu tidak boleh. Akhir-akhir ini dia melihat sudah banyak hal seperti itu dilakukan oknum-oknum tersebut, bahkan dengan terang-terangan.

“Mereka harusnya bisa memposisikan diri untuk netral, dan hal seperti itu kalau kita tangkap dilapangan bisa berpotensi terjadi perpecahan atau konflik, hingga sangat dimungkinkan terjadi persaingan-persaingan yang tidak sehat dan memicu kegaduhan,” ungkapnya.

Jadi, lanjutnya, seharusnya baik Kepala Desa maupun ASN harus jadi panutan. Kalau mereka sudah terpecah-pecah seperti itu, bila nanti sampai ada keributan di masyarakat sendiri, siapa yang dapat meredam masyarakat. Bagaimana lagi mereka bisa mengayomi masyarakat, kata dia, kalau mereka saja sudah memihak.

“Untuk timses juga harusnya bisa bersaing sehat. Misalkan lebih baik menawarkan program-program apa saja untuk membangun Kabupaten Muratara ini. Meskipun kita itu mendukung salah satu kandidat silahkan untuk menyanjung, baik track recordnya sebagai pemimpin maupun latar belakang keberhasilannya, tanpa harus menghujat kandidat lain,” imbaunya.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh pendukung kandidat kiranya tidak membuat pihak lain tersinggung. “Belajarlah berpolitik yang cerdas dan santun, dengan menunjukkan bahwa kita pendukung yang membuat kandidat yang kita dukung mendapat simpati masyarakat. Lebih baik kita publikasikan keberhasilan dan prestasinya,” sarannya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here