Home Sumsel Lahat Dua Tabung LPG 3 Kg, Ditukar Bright Gas 5,5 Kg

Dua Tabung LPG 3 Kg, Ditukar Bright Gas 5,5 Kg

0
Masyarakat, ASN dan Polri terpantau saat menukar gas tabung 3 kg dengan Bright gas 5,5 kg, Rabu (19/8/2020). Foto : BERNAT/PALPRES

LAHAT, PE – Upaya untuk memastikan penggunaan LPG tepat sasaran terus digencarkan PT Pertamina (Persero). Kali ini, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II bekerjasama dengan Pemkab Lahat dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) memberikan program penukaran 2 tabung kosong LPG subsidi 3 kilogram menjadi Bright Gas 5,5 kilogram secara gratis.

Region Manager Communication Relations dan CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami mengatakan, program itu diperuntukkan bagi 250 Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan masyarakat pendaftar pertama yang dipusatkan di Hotel Cendrawasih Lahat.

“Pada tahap pertama ini, bersamaan dengan program HUT Kemerdekaan RI Ke-75, disiapkan khusus 250 penukar pertama secara gratis dengan menukar 2 tabung LPG 3 Kg. Untuk selanjutnya program tukar 2 tabung LPG 3 Kg dengan Bright Gas 5.5 Kg diberikan harga promosi Rp 65 ribu saja,” jelasnya, Rabu (19/8/2020).

Ditambahkannya, pihaknya mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Lahat dan sejumlah pihak yang mendukung upaya baik ini. Pihaknya juga berharap dengan program ini, konsumsi LPG subsidi sesuai dengan aturan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun 2009 Nomor 26 tentang penggunaan LPG untuk masyarakat pra sejahtera dan usaha mikro.

“Bagi usaha kecil dan menengah, serta masyarakat mampu dapat beralih menggunakan Bright Gas yang tersedia dalam kemasan 5,5 Kg dan 12 Kg. Melalui kegiatan ini, diharapkan terjaminnya pemenuhan hak masyarakat miskin untuk memperoleh LPG 3 Kg Bersubsidi,” ucap Dewi.

Masih kata Dewi, LPG Nonsubsidi Bright Gas memiliki aspek keamanan yang lebih unggul, yakni dengan teknologi katup ganda (double spindle valve system) serta safety valve, yang dapat ‘mengunci’ apabila sewaktu-waktu terjadi tekanan dalam tabung.

“Tabung Bright Gas, menawarkan keamanan ekstra. Bright Gas hadir dengan teknologi katup ganda dua kunci. Dimana jika satu katup tidak berfungsi dengan baik, masih ada satu katup lain untuk memastikan keamanan pengguna Bright Gas saat memasak di dapur. Tabung warna pink ini juga dilengkapi segel hologram, untuk mengecek keaslian isi tabung,” tutupnya.

Terpisah, Sekda Lahat, H Januarsyah Hambali SH MM melalui Kabag Administrasi SDA, Syaifullah Aprianto ST menyampaikan, program ini sebagai upaya Pemkab Lahat bersama dengan berbagai pihak untuk memastikan penggunaan LPG sesuai peruntukannya, dengan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lahat serta masyarakat mampu, untuk menggunakan LPG Non Subsidi.

“Kegiatan ini merupakan saat yang tepat bagi kita, untuk meringankan beban negara, dan juga beban masyarakat khususnya masyarakat pra sejahtera agar subsidi benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat yang berhak. Kita awali dari ASN yang merupakan bagian dari pemerintahan di daerah,” tutupnya. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here