Home Adhyaksa Sriwijaya Empat Kali Ganti Kajari, Buronan Kasus Korupsi Baru Tertangkap

Empat Kali Ganti Kajari, Buronan Kasus Korupsi Baru Tertangkap

0
Kasi Intel Kejari OKUT Darmadi Edison SH didampingi Kasi Pidsus Aci Jaya Saputra.SH, dalam press release penangkapan tersangka Suroso bin Sukardi.

MARTAPURA , PE – Penangkapan buron kasus korupsi penyelewengan Dana APBN Bantuan Sosial dari Dirjen PLA Departemen Pertanian Rp.235.000.000 tahun 2009, terkesan lamban. Bagaimana tidak, tersangka Suroso bin Sukardi baru tertangkap, setelah pucuk pimpinan Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur empat kali berganti.

Jika terhitung dari 2010 sampai dengan 2020, sudah 4 kali pergantian Kepala Kejari (Kajari) OKU Timur sampai dengan diduduki Kajari yang baru, Dr. Akmal Kodrat.SH.M.Hum, buronan tersebut baru tertangkap.

Tim Kejari OKU Timur Melakukan penjemputan terhadap tersangka Suroso bin Sukardi, warga Desa Pemetung Basuki Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumsel.

Suroso bin Sukardi adalah orang yang telah ditetapkan Kejari OKU Timur sebagai DPO sejak 2013 silam, karena telah melakukan tindak pidana korupsi berupa penyelewengan Dana APBN Bantuan Sosial dari Dirjen PLA Departemen Pertanian sebesar Rp.235.000.000.

Dana tersebut untuk pembangunan konstruksi dan pengadaan sapronak perluasan kebun HMT seluas 50 Hektar dan pembangunan 1 unit embung (dam parit) dengan nilai sebesar Rp.50.000.000 melalui Dinas Peternakan dan Perikan Kabupaten OKU Timur, dengan tidak melaksanakan kegiatan tersebut dengan sepenuhnya.

Kasi Intel Kejari OKUT Darmadi Edison SH didampingi Kasi Pidsus Aci Jaya Saputra.SH, dalam press release penangkapan tersangka Suroso bin Sukardi ini menjelaskan bahwa tersangka menyelewengkan bahwa dana APBN dari Dirjen Departemen Pertanian tersebut pada tahun 2009 dan masuk daptar pencarian orang (DPO) Kejari OKUT pada tahun 2013. Namun, baru tertangkap pada Kamis, 27 Agustus 2020, di Jakarta Timur.

Menurut dia, tersangka ditangkap di kediamannya di jalan Blok Beringin Rt 01 Kelurahan 03 Cibubur Kecamatan Cirasas Jakarta Timur oleh Tim Tabur Kejati Sumsel.

Di sisi yang berbeda, Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri OKU Timur Aci Jaya Saputra.SH mengatakan bahwa tersangka Suroso ini saat dijatuhkan hukuman dalam persidangan pada tahun 2010 silam.

“Tersangka Suroso telah dijatuhi putusan hakim berkekuatan hukum tetap (inkracht) dengan hukuman 1 tahun penjara subsider 1 bulan kurungan, namun tersangka melarikan diri saat akan dilakukan penahanan.” pungkasnya. MAM

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here