Home Palembang Lewat Lagu “Bidar Melaju”, Fir Azwar Ingatkan Palembang Sebagai Ulu Melayu

Lewat Lagu “Bidar Melaju”, Fir Azwar Ingatkan Palembang Sebagai Ulu Melayu

0
Seniman serba bisa Fir Azwar saat melaunching single lagu Bidar Melaju yang dia percayakan pada penyanyi muda bertalenta asal Kota Palembang, Shellyna, di Segara Cafe Palembang, Sabtu (8/8).

PALEMBANG.PE – Hanya butuh 2 bulan bagi seorang Fir Azwar untuk merampungkan penulisan lagu Bidar Melaju. Single dengan balutan nuansa Melayu ini dipercayakan kepada penyanyi muda bertalenta asal Kota Palembang, Shellyna. Seniman serba bisa ini, akhirnya Sabtu (8/8) single lagu Bidar Melaju ini dilauching di Segara Cafe Palembang.

Single ini tercipta berangkat dari keprihatin sekaligus kepekaan seorang seorang Fir Azwar terhadap kebudayaan, terkhusus Bidar yang lambat laun mulai tergerus oleh zaman.

“Mudah-mudahan ini bisa dijadikan referensi bagaimana kehidupan serta karakter bahwa masyarakat Palembang dan Sumsel terbiasa dengan watak kompetitif, tak menghiraukan ketika menjadi individu tangguh,” kata Fir Azwar.

Tersirat dalam lirik lagu Bidar Melaju ini juga falsafah gotong royong, derap gayuh dan kayuh merupakan ajakan untuk tetap firm (tak goyah) akan tujuan adalah juga refleksi kepiawaian kental konten sastrawi ia rangkum dalam bait bait Bidar Melaju.

Apalagi dia melihat Palembang sebagai Ulu Melayu, dimana pendiri Malaka adalah orang Palembang, Parameswara yang merupakan keturunan raja-raja Sriwijaya.
“Berawal dari sinilah saya mengedepankan, kok Palembang sebagai Ulu melyayu, ini kalah denghan Riau, kalah dengan Malaysia, padahal Ulu Melayu ada di Palembang. Sehingga saya menciptakan lagi Bidar Melaju yang genrenya adalah lagu Melayu Palembang,” katanya.

Fir Azwar mengaku lebih memilih Shellyna sebagai penyanyi untuk lagu hasil ciptaannya dengan berbagai pertimbangan. Yang paling utama adalah ciri khas vokal yang Shellyna miliki. “Utamanya, ada kekhasan yang dimiliki Shellyna hingga saya memilihnya. Cengkok Melayu yang ada di Shellyna, itu yang jadi ciri khas,” kata Kepala SMAN 10 Palembang ini.

Fir menyebut selama proses penulisan lagu hingga mixing atau produksi, tidak ada kendala yang berarti. “Selama proses penulisan lagu, produksi hingga launching hari ini sekitar 2 bulan itu, tidak ada hambatan yang berarti” katanya.

Ia berharap dengan hadirnya single ini, makin menambah khazanah musik melayu di Kota Palembang. “Saya berharap lagu Bidar Melaju ini makin menambah khazanah musik melayu dari Kota Palembang, yang bernuansa melayu Palembang,” katanya.

Sedangkan Shellyna mengaku bangga membawakan lagu Bidar Melaju. “Jujur di Palembang ini sangat jarang ada anak-anak muda yang mau melestarikan daerah, terutama lagu Melayu. Saya berharap ke depan bisa memacu semuanya, terutama anak-anak muda untuk mencintai budaya kita sendiri dan mencintai lagu Melayu yang memang Ulu Melayu tadi di Kota Palembang. Semoga banyak yang suka lagi ini, dan lebih melestarikan lagi budaya kita,” katanya. DUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here