Home Ekonomi Menunggak JKN-KIS Bertahun-Tahun, Mau Aktif Lagi, Ini Caranya

Menunggak JKN-KIS Bertahun-Tahun, Mau Aktif Lagi, Ini Caranya

0

PALEMBANG, PE – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang punya tunggakan iuran, otomatis kepesertaan tidak aktif. Dan baru bisa menggunakan manfaat JKN-KIS setelah melunasi tunggakan yang terus bergulir. Namun saat ini tidak perlu khawatir lagi. Cukup bayar tunggakan selama 6 bulan, maka kepesertaan akan aktif kembali.

“Di masa pandemi virus corona atau coronavirus disease 2019 (covid-19) ini, pemerintah dan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengeluarkan kebijakan berupa relaksasi iuran, program keringanan bagi peserta JKN-KIS yang menunggak lebih dari 6 bulan,” beber Siti Farida Hanoum, Deputi Direksi Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) , Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu BPJS Kesehatan di hadapan sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media cetak, elektronik dan online dalam media gathering BPJS Kesehatan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel di lapangan badminton Victory, Padang Selasa, Palembang, Selasa (25/8).

Hanoum menjelaskan, kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 64 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan.

“Dalam pasal 42 ayat 3a tertulis bahwa untuk tahun ini pemberhentian sementara penjaminan peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berakhir dan status kepesertaan aktif kembali bila peserta telah membayar iuran bulan tertunggak, paling banyak untuk waktu 6 bulan,” ulasnya.

Untuk prosedur program keringanan peserta menunggak sambung mantan Kepala Kantor Cabang Jakarta Pusat BPJS Kesehatan ini, dapat diperoleh melalui pendaftaran terlebih dahulu di call center BPJS Kesehatan (1500400), Mobile JKN atau melalui Kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Peserta yang punya tunggakan selama bertahun-tahun cukup membayar tunggakan selama 6 bulan. Misal ada peserta yang menunggak tiga tahun, dalam ketentuan Perpresnya dihitung 24 bulan, tetapi untuk 2020 ini hanya bayar 6 bulan bisa langsung aktif dan sisanya yang belum dibayar masih menjadi tunggakan dan dapat dicicil sampai 31 Desember 2021,” tukas Hanoum.

Diketahui, media gathering yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumsel, Kepulauan Babel dan Bengkulu menggandeng PWI Sumsel dalam bentuk turnamen badminton. Kegiatan ini bertema “Dengan Olahraga Kita Tingkatkan Kesehatan dan Rasa Persaudaraan”. Tampak hadir Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar, Wakil Ketua PWI Sumsel Anwar Rasuan, Sekretaris PWI Sumsel Dwitri Kartini, dan jajaran Pengurus PWI Sumsel. ARZ

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here