Home Sumsel Baturaja Samsat Wilayah 1 OKU Buka Pemutihan PKB hingga 31 Agustus

Samsat Wilayah 1 OKU Buka Pemutihan PKB hingga 31 Agustus

0
Kepala UPT Samsat Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Humaniora Basili Basmark saat memantau masyarakat yang mengurus pajak kendaraan bermotornya.

BATURAJA. PE – Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Wilayah OKU 1 Baturaja sejak Sabtu tanggal 1 Agustus 2020 lalu, telah membuka dan menyiapkan loket khusus untuk melayani masyarakat yang hendak mengurus pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB), baik untuk kendaraan Roda dua (R2) maupun roda empat (R4). Pemutihan PKB ini, akan dibuka mulai 1 Agustus 2020 hingga 31 Agustus 2020 mendatang.

Kepala UPT Samsat Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Humaniora Basili Basmark didampingi, Kasi Penetapan, Awang Herianto mengatakan, sejak dibuka pihaknya sudah menerima 50 warga pemilik kendaraan yang didominasi R2, yang hendak melakukan pemutihan pajak PKB.

“Untuk pembatasan wajib pajak pemilik kendaraan yang hendak melakukan pemutihan tidak ada. Cuma kita tetap menerapkan prosedur Covid 19, kepada masyarakat. Salah satunya tetap menggunakan masker dan kita siapkan kursi panjang antrian di depan kantor Samsat agar tidak terjadi tumpukan antrian,” ujar Humaniora, Senin (3/8), di ruangan kerjanya.

Dikatakannya, pihaknya menargetkan sebanyak-banyaknya wajib pajak pemilik kendaraan yang hendak melakukan pemutihan kendaraan. “Untuk target sebanyak-banyaknya. Kalau dari estimasi sekitar 2000 an kendaraan yang belum melakukan pembayaran PKB,’ terangnya.

Menurut Humaniora, selama pemutihan pembayaran pajak, lanjutnya, UPT Samsat Baturaja menambah loket khusus guna mengantisipasi lonjakan jumlah masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Baturaja.

Selama pelaksanaan pemutihan ini, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan kepada para wajib pajak, seperti bangku yang berjarak dan menyiapkan bak dan sabun cuci tangan dan mengimbau masyarakat yang akan melakukan proses pembayaran pajak mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan mencuci tangan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

“Wajib pajak kami minta tetap mengenakan masker selama berada di kantor Samsat UPT Baturaja,” tegasnya.

Sementara, Kasi Penetapan, Awang Herianto menambahkan, pemutihan PKB ini merupakan kebijakan Gubernur Sumsel, Herman Deru dalam upaya menjaring dan meningkatkan pendapatan daerah dari PKB dan dalam rangka untuk menyambut Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. YEN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here