Home Warta Kodam Temukan Metode Baru, Bentang Styrofoam Cegah Meluasnya Karhutla

Temukan Metode Baru, Bentang Styrofoam Cegah Meluasnya Karhutla

0

PALEMBANG, PE – Prajurit TNI AD yang bertugas di jajaran Korem 044/Gapo menemukan metode baru dalam mencegah meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah lahan gambut. Metode yang digunakan dengan membentangkan styrofoam di lahan gambut.

Hal ini disampaikan Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos usai memimpin serah terima jabatan (sertijab) di jajaran Korem 044/Gapo di Balai Prajurit Makorem 044/Gapo, Rabu (5/8).

Jenderal Bintang Satu ini menambahkan, metode pembentangan styrofoam ditemukan oleh prajurit TNI AD yang bertugas di Kodim 0406/MLM. Strategi pencegahan ini sudah disampaikan kepada Gubernur Sumsel untuk dilakukan secara luas kepada daerah yang berpotensi karhutla.

“Fungsi styrofoam untuk mencegah api meluas di lahan gambut. Awalnya api di permukaan lahan dipadamkan terlebih dahulu, untuk lahan 20×20 meter persegi cukup dipadamkan dengan tujuh liter air, selanjutnya dibentangkan styrofoam. Seberapa dalam lahan gambut tidak akan menyebar jika dibentangkan styrofoam,” jelas Danrem Gapo.

Pihaknya sendiri sudah melakukan tiga kali percobaan dengan metode pembentangan styrofoam. Hasilnya, api di dalam lahan gambut tidak meluas dan padam.

“Lahan gambut di Sumsel berkisar 1.400 hektar. Dengan metode ini biaya yang digunakan relatif murah,” jelasnya.

Sementara itu, sertijab sendiri merupakan upaya penyegaran di satuan. Ada beberapa jabatan yang disertijab seperti Kasrem 044/Gapo, Kasiter Korem 044/ Gapo, Dandim 0406/Mura, Dandim 0430/Banyuasin, Dandim 0405/Lahat, Dandim 0404/Muara Enim, Dandim 0401/Muba dan Danyonif 141/AYJP.

“Kepada pejabat yang baru, kita berharap bisa fokus membantu penanganan pencegahan Covid-19. Virus itu ada namun tidak terlihat,” jelasnya. RIS

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here