Home Sumsel Banyuasin 34,2 Hektar Lahan Terbakar di Desa Sungai Rengit

34,2 Hektar Lahan Terbakar di Desa Sungai Rengit

0
Petugas Manggala Agni Banyuasin berusaha memadamkan api yang membakar lahan di Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin.

BANYUASIN, PE – Memasuki musim kemarau tahun ini, terpantau dua titik api di Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Setidaknya 34,2 hektar lahan terbakar.

Prayogi, Kadaops Manggala Agni Banyuasin mengatakan, kebakaran lahan terjadi dalam kurun waktu 23-28 Agustus 2020. Beruntung api berhasil dipadamkan.

“Ada dua titik api di kurun waktu tersebut, yakni di Dusun Setia Harapan, Desa Sungai Rengit. Luasan lahan terbakar 22 hektar. Lalu berlanjut pada  31 Agustus 2020, dengan luasan terbakar 12,2 hektar lahan di dusun 2 Dabuk Desa Sungai Rengit,” tuturnya.

Dikatakan, hingga hari ini masih terjadi kebakaran di Dusun Setia Harapan. “Petugas masih berusaha memadamkan api. Belum tahu luas lahan yang terbakar,” katanya.

Menurutnya, titik api kecil juga terlihat di Kecamatan Rantau Bayur. Butuh waktu lama untuk memadamkan. Sebab lahan yang terbakar merupakan lahan gambut.

“Lahan di situ sudah banyak semak kering. Sehingga mudah terbakar,” tukasnya.

Upaya antisipasi, terang Prayogi, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan patroli terpadu. “Sosialisasi terus menerus untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, agar tidak membakar lahan jika mengelola kebun,” imbuhnya.

Ia juga menangani wilayah Ogan Ilir, sebab intesitas bahan bakarnya cukup banyak dan lahan tidur yang belum dikelola.

“Memang rentan terjadi kebakaran di Ogan Ilir, seperti Rambutan, Soak Batok, Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat dan Kecamatan Indralaya Utara,” tukasnya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here