Home Headline News Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di 4 Desa

Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di 4 Desa

0
Salah satu rumah warga di Rambang Kapak Tengah, Prabumulih, yang gentingnya tersapu angin puting beliung.

PRABUMULIH.PE – Hujan petir disertai angin puting beliung, Rabu (23/9/2020) sekira pukul 19.30 WIB, memporak porandakan puluhan rumah di 4 desa yang berada di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Tak hanya menghancurkan atap rumah warga, angin puting beliung tersebut juga menumbangkan puluhan batang pohon besar dan pohon karet yang sudah siap panen. Atas kejadian itu, beberapa warga desa mengalami trauma.

Sihai (32) warga Desa Talang Batu menjelaskan, setelah habis Isya tiba-tiba terdengar suara gemuruh hujan disertai petir dan tak lama angin kencang datang dengan kecepatan tinggi dan langsung mengangkat atap-atap rumah yang menggunakan genteng maupun seng. Tak hanya itu, kuatnya angin membuat batang pohon besar tumbang dan menimpa beberapa rumah.

“Kaget suara gemuruh, lalu kami keluar rumah dan ternyata atap-atap sudah beterbangan dan genteng pun jatuh ke bawah dan pecah. Tak lama pohon besar tumbang dan menimpa dapur hingga rusak. Kami sekeluarga menyelamatkan diri takut tertimpa rumah dan pohon,” ujar Sihai saat diwawancarai, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu Kepala Desa Talang Batu, Sahril Kanedi mengatakan sapuan angin puting beliung di desanya menyebabkan 30 rumah rusak parah dan 30 lainnya mengalami rusak ringan. Tak hanya itu, puluhan pohon karet tumbang akibat kuatnya tiupan angin puting beliung.

“Saat ini sudah kita data ada 60 rumah yang porak poranda oleh sapuan angin puting beliung. Bahkan puluhan batang karet roboh dan batang pohon besar pun ada yang roboh. Kerugian kita taksir mencapai puluhan juta. Saat ini warga kita sudah membenari sendiri rumahnya. Pihak Pemkot Prabumulih sudah datang mengecek, dan untuk bantuan kemungkinan ada dan masih di data pihan Dinsos,” beber Kades.

Sementara itu, Asiten III Pemkot Prabumulih HM Rasyid didampingi Kadinsos, Heri saat melakukan pendataan mengatakan, saat ini bersama pihak kecamatan dan dDnsos melakukan peninjaun dan melakukan pendaatan di Desa Talang Batu yang paling banyak terdampak dari angin puting beliung.

“Kalau dari laporan ada 4 desa yang terkena angin puting beliung yakni Desa Talang Batu, Jungai, Tanjung Rambang dan Karang Bindu. Yang paling banyak di Desa Talang Batu, dan makanya kita data sejauh mana kerusakannya. Kalau sudah di data semua, nanti proses mekanisme bantuannya tergantung kerusakan. Tapi kita berusaha tetap membantu warga,” pungkasnya. RAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here