Home Sumsel Muara Rupit Banyak Perusahaan Beroperasi di Lahan Gambut Sebabkan Kebakaran Hutan

Banyak Perusahaan Beroperasi di Lahan Gambut Sebabkan Kebakaran Hutan

0
Taufik Said

MURATARA,PE- Saat ini masih banyak perusahaan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), yang diduga beroperasi di lahan gambut. Hal inilah yang menjadi penyebab sering terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), di Kabupaten Muratara.

Demikian diungkapkan salah satu tokoh pemuda Muratara, Taufik Said kepada Palembang Ekspres, Selasa (15/9/20). Dia menduga, sering terjadinya kebakaran lahan serta hutan di Kabupaten Muratara seperti yang terjadi tahun 2016 dan 2019 lalu karena sampai saat ini masih banyak perusahaan di Kabupaten Muratara yang beroperasi di lahan gambut.

Terkait hal tersebut, menurut dia, bisa jadi karena kurangnya pengawasan dari pemerintah, karena bertahun-tahun perusahan itu terus beroperasi dilahan yang dilarang tersebut. Dia sangat menyayangkan hal itu, karena semua orang tahu bahwa lahan gambut tersebut merupakan sebagian dari paru-paru dunia. Jika sampai hancurkan, maka tanah akan tandus dan rentan terbakar.

“Contoh kejadian 2016 dan kejadian 2019 lalu, akibat terjadinya kebakaran lahan dan hutan, kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, membuat kita didenda oleh negara-negara tetangga. Harusnya hal itu menjadi pelajaran bagi kita semua,” ungkapnya.

Lanjutnya, sekarang saja masih banyak perusahaan perkebunan di Kabupaten Muratara yang beroperasi di lahan gambut dengan skala besar, tanpa mentaati peraturan tetang Karhutla. Berita, lanjutnya, Gubernur Sumsel Herman Deru saja pernah marah besar karena lahan-lahan gambut yang difungsikan, menjadi sering terbakar saat musim kemarau dan banjir saat penghujan.

“Artinya disini peran penting pemerintah dan instansi terkait untuk mencegah terjadinya Karhutla itu, dapat membatasi dan menghentikan perusahaan yang masih membandel tersebut. Mari kita selamatkan bumi dari kebakaran hutan dan lahan dengan cara selalu menjaga ekosistem alam dengan baik, karena hal itu juga akan menyelamatkan generasi anak cucu kita kedepan,” tukasnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here