Home Palembang Basarnas Sumsel Tutup Latihan SAR Daerah

Basarnas Sumsel Tutup Latihan SAR Daerah

0
Kepala Basarnas Sumsel, Hery Marantika, S.H, M.Si, beserta seluruh peserta foto bersama usai penutupan Latihan SAR Daerah 2020, di Kantor Basarnas Sumsel.

PALEMBANG.PE, – Setelah berjalan selama tiga hari dari 23 hingga 25 September 2020, Latihan SAR daerah 2020 bertempat di Kantor Basarnas Sumsel resmi ditutup oleh Hery Marantika, S.H, M.Si, Kepala Basarnas Sumsel.

Penutupan latihan SAR daerah ini ditandai dengan simulasi penanganan evakuasi korban kecelakaan kapal pengungsi dari luar negeri, yang mengalami kandas di perairan Ambang Luar Sungai Musi Sumatera Selatan.

Tampak semua peserta latihan yang terlibat, serius melakukan adegan per adegan dalam simulasi. Sehingga diharapkan, tujuan latihan SAR daerah yang dilakukan tercapai dengan baik.

Menurut Hery, peserta latihan berjumlah 19 orang, terdiri dari perwakilan masing-masing instansi seperti Lanal Palembang, Ditpolair Polda Sumsel, Korem Gapo 044 Palembang, Polresta Palembang, Imigrasi, KSOP, Disnav, SROP, KKP, BMKG, Dishub, BPBD, DKP, Dinkes, Dinsos, PMI, Orari dan Rapi.

“Sesuai Undang-undang Nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan, Basarnas diberikan kewenangan dan tanggung jawab dalam hal pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan untuk kecelakaan laut dan penerbangan atau kondisi yang membahayakan jiwa manusia,’’ papar Hery.

Dengan diadakannya Latihan SAR daerah ini, diharapkan Hery, dapat meningkatkan respons time, kesiapan, kemampuan personil dan alut serta meningkatkan koordinasi antar instansi. Sehingga saat berada dikondisi yang sebenarnya semua sudah mengerti siapa dan harus berbuat apanya, dan proses pencarian dan pertolongan dapat berjalan dengan baik,” jelas Hery

Hery menambahkan, dikarenakan saat ini masih masa pandemi Covid-19, maka Basarnas Sumsel selaku penyelenggara kegiatan sangat berhati-hati dan ketat dalam menerapkan Protokol Kesehatan, baik kepada seluruh peserta latihan maupun pada seluruh panitia yang terlibat guna mencegah penyebaran Virus Covid-19,” tukasnya. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here