Home Headline News JEEPS Ramaikan Pameran HUT Museum Negeri Sumsel

JEEPS Ramaikan Pameran HUT Museum Negeri Sumsel

0
BERSAMA Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel Chandra Amprayadi (tiga dari kanan) didampingi Pemred Palembang Ekspres Muhammad Iqbal dan budayawan Kemas AR Panji berfoto bersama Ketua JEEPS Ersan Benyamin dan dua orang pengurus JEEPS. Foto : Alhadi Farid/Palpres

PALEMBANG, PE – Dukungan masyarakat untuk Museum Negeri Sumatera Selatan (Sumsel) terus berdatangan. Setelah satu persatu barang-barang bersejarah dihibahkan warga ke museum milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel itu dalam delapan bulan terakhir.

Kini giliran komunitas penggiat budaya dan pariwisata yang tergabung dalam Jelajah Edukasi Entertaimen Palembang Sriwijaya (JEEPS) ikut merapat dan menyatakan siap mendukung program dan kegiatan di museum yang beralamat di Jalan Srijaya, nomor 1, RW 5, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang. Salah satunya dukungan untuk meramaikan dan mensukseskan perhelatan Pameran Bersama dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Museum Negeri Sumsel pada 5 November mendatang.

“Kami bahagia bisa berkenalan dengan teman-teman dari komunitas JEEPS. Dalam waktu dekat kami akan menggelar Pameran Bersama beberapa museum dan sejumlah komunitas, kami harapkan nantinya JEEPS ikut meramaikan mulai dari menyambut tamu hingga turut membuka stand pameran,” tutur Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel H Chandra Amprayadi SH saat menerima kunjungan Ketua JEEPS Ersan Benyamin didampingi Wakil Ketua Vebri Al Lintani dan sejumlah pengurus/anggota JEEPS lainnya, Kamis (3/9).

Menurut Chandra, saat prosesi pembukaan Pameran Bersama nanti, pihaknya berkeinginan melibatkan komunitas JEEPS dalam penyambutan para tetamu dan sejumlah pejabat yang diundang.

“Termasuk Bapak Gubernur, kita ingin nanti beliau datang ke sini untuk membuka acara, berangkat dari Griya Agung dijemput secara eksklusif dan konvoi oleh teman-teman JEEPS. Tiba di sini, beliau akan kita sambut dengan sejumlah atraksi kesenian tradisional Sumsel, seperti seni bela diri kuntaw dan lain sebagainya,” beber Chandra didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Museum Negeri Sumsel Amarullah SH.

Masih kata Chandra, sosok Gubernur Herman Deru dikenal sebagai pemimpin yang punya perhatian terhadap pelestarian kebudayaan di Sumsel. Termasuk keberadaan Museum Negeri Sumsel yang tahun ini memiliki banyak agenda kegiatan.

“Pak Gubernur sangat mensupport semua kegiatan kita. Di mana kita membuka diri seluas-luasnya untuk masyarakat, komunitas pecinta sejarah dan budaya. Saat ini kita semakin dikenal, berkat dukungan para budayawan, sejarawan dan rekan-rekan jurnalis,” tuturnya.

Terkait keberadaan komunitas pecinta dan pemilik mobil kuno jenis jip, Chandra mengaku sangat mengapresiasi. Menurut dia, saat ini jeep termasuk mobil yang langka. Padahal dahulu, di era 70-an mobil kecil dan kuat ini sempat menjadi moda transportasi umum yang utama di tengah masyarakat.

“Bahkan sejarah mencatat, beberapa pejuang kita, seperti Mayjen TNI AK Gani, Pak Simbolon, dalam berperang melawan penjajah,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua JEEPS Ersan Benyamin menuturkan, pihaknya memiliki banyak program kerja antara lain menjalin kerja sama dengan stakeholder di bidang pariwisata dan budaya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pengelola Museum Negeri Sumsel yang telah menerima kami hari ini (kemarin, Red). Kami memang punya program Sahabat Museum yang melibatkan pelajar, mahasiswa, dan guru/dosen,” jelas pria yang akrab disapa Ican ini kepada Palembang Ekspres.

Sebelumnya sebut Ican, JEEPS telah menjalankan beberapa program di antaranya menggandeng Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sumsel menelusuri beberapa tempat bersejarah di Sumsel.

“Belum lama ini kita bersama AGSI, Kesultanan Palembang Darussalam, Lembaga Budaya Komunitas Batanghari Sembilan (Lembaga Kobar 9), dan komunitas jip lainnya napak tilas ke lokasi penemuan Prasasti Talang Tuo. Terakhir, kita baru pulang dari Kota Pagaralam, bersama Kesultanan Palembang Darussalam, mengukuhkan Goegoek Pagaralam Palembang Darussalam dan menemui pemuka adat setempat,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat imbuh Ican, komunitas JEEPS yang beranggotakan 15 pemilik dan pecinta mobil jip berencana mengunjungi sejumlah sentra kuliner dan pemuka-pemuka adat di Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Insyaa Allah dalam waktu dekat kita akan menjelajah sejumlah tempat bersejarah, pemuka adat dan pusat kuliner di Pampangan, OKI. Besar harapan, kiranya pihak Museum Negeri Sumsel ikut berpartisipasi di kegiatan tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, perbincangan antara pengelola Museum Negeri Sumsel dan pengurus JEEPS sendiri yang berlansung penuh kehangatan. Diawali penyambutan oleh Kepala UPTD Museum Negeri Sumsel H Chandra Amprayadi di halaman utama Museum Negeri Sumsel. Lantas Ketua JEEPS Ersan Benyamin membonceng H Chandra menaiki jip warna hijau miliknya berkeliling di halaman depan Museum. ARZ

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here