Home Sumsel Muara Rupit Kembali Gajah Liar Resahkan Warga Paruh

Kembali Gajah Liar Resahkan Warga Paruh

0
Kebun sawit masyarakat yang diduga dirusak gajah liar

MURATARA,PE- Setelah beberapa bulan lalu gajah liar informasinya telah digiring ke habitatnya di Provinsi Jambi, kembali warga Desa Pauh 1 Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dihebohkan dengan penemuan telapak kaki gajah dekat pemungkiman mereka, Senin (14/9/20).

Dugaan kembali adanya gajah liar itu bertambah, dengan banyaknya tanaman di perkebunan masyarakat yang rusak seperti dimakan hewan tersebut. Kondisi ini jelas membuat warga yang sempat tenang, kembali menjadi resah.

Diungkapkan Damelia (24) salah satu warga, setelah mendapat informasi bahwa ada bekas jejak telapak kaki gajah dan banyaknya kebun yang rusak, dia dan warga merasa khawatir. Apalagi bekas telapak kaki gajah itu, berjarak hanya lebih kurang 50 meter dari pemungkiman warga.

“Pastinya hal itu membuat warga ketakutan, karena dikhawatirkan gajah itu mengamuk. Sebab jarak bekas telapak gajah itu tidak jauh dari rumah warga. Kemarin itu banyak warga yang datang ke lokasi, hanya untuk melihat telapak gajah itu,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Pauh 1, Juherman saat dikonfirmasi membenarkan bahwa ada bekas telapak kaki gajah yang diduga telah merusak lahan pertanian warga. Kejadian tersebut, lanjutnya, pada 3 September lalu. “Tetapi sampai sekarang belum ditemukan lagi, mungkin saat itu hewan itu hanya kebutulan lewat, dan makan sehingga merusak tanaman milik warga,” ungkapnya.

Untuk kebun warga yang rusak, kata dia, seperti padi, sawit dan kebun pisang. “Jika dilihat dari jejak telapaknya itu ukurannya lumayan besar, karena ukuran telapak kakinya saja diperkirakan mencapai 40 cm,” paparnya.

Dijelaskannya, keberadaan telapak kaki gajah memang benar berada dekat dengan pemungkiman warga. Oleh karena itu masyarakat diimbau agar lebih waspada, sebab yang dikhawatirkan gajah itu mengamuk. “Jika pergi ke sawah mesti berhati-hati, apabilah nanti ketemu gajah lebih baik menghindar, karena bisa membahayakan keselamatan,” imbaunya.

Kepada pihak terkait dia berharap, agar segera ke lokasi untuk menangkap gajah tersebut. Karena ditakutkan jika tidak cepat dilakukan tindakan, tidak menutup kemungkinan gajah itu akan datang lagi. “Harapan kita agar gajah itu ditangkap dan ditempatkan di lokasinya, karena takut akan datang lagi,” pintanya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here