Home Sumsel Banyuasin Pelanggar Prokes di Banyuasin Mulai Diberikan Sanksi

Pelanggar Prokes di Banyuasin Mulai Diberikan Sanksi

0
Petugas gabungan memberikan peringatan kepada seorang warga yang tidak memakai masker di Pasar Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Senin (14/9).

BANYUASIN, PE – Tim gabungan terdiri dari Kepolisian Resort (Polres) Banyuasin bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan Kodim 0430 Banyuasin menggelar razia warga, yang melanggar protokol kesehatan di Pasar Pangkalan Balai, Senin (14/9) pukul 14.00.

Razia digelar usai apel operasi yustisi Covid-19 dalam rangka sosialisasi dan penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 20 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di Mapolres Banyuain.

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Sianipar S,ik mengatakan, apel yustisi ini merupakan gerakan penegakan hukum, yang dilakukan oleh para penegak hukum dengan menggunakan sistem peradilan di tempat.

“Ini gerakan sosialisasi Perbup No. 20 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 di wilayah Kabupaten Banyuasin,” ujar Danny.

Ditambahkannya, adapun sasaran untuk operasi yustisi meliputi Komplek Perkantoran Kabupaten Banyuasin, pemukiman penduduk, fasilitas umum/tempat ramai, pasar dan rumah makan.

Dirinya berharap, dengan diberlakukannya Perda ini, masyarakat dapat memahami dan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Terhitung mulai hari ini sesuai dengan Pasal 24 (2) Perbup Banyuasin Nomor 179 Tahun 2020, sanksi bagi perorangan yang melanggar bisa berupa teguran lisan dan tertulis, kerja sosial dan denda Rp100.000,” katanya.

Kemudian bagi pelaku usaha, sanksi berupa teguran lisan atau tertulis, denda Rp200.000, penghentian operasional sementara, dan pencabutan izin usaha.

“Pada hari ini di pasar Pangkalan Balai dilaksanakan sosialisasi sekaligus penerapan sanksi bagi para warga yang tidak mematuhi ptotokol kesehatan pada saat melakukan aktifitas,” ujar Danny.

Pada saat pelaksanaan giat ini, lanjut Kapolres, masih ditemukan warga yang tidak memakai masker saat beraktifitas di pasar, baik pengunjung maupun penjual di pasar Pangkalan Balai.

“Langsung ditindak dengan sanksi sosial, seperti pengucapan Pancasila dan push up,” tegasnya. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here