Home Parlemen & Politik Rekomendasi Partai Harus Benar-benar Diverifikasi Faktual

Rekomendasi Partai Harus Benar-benar Diverifikasi Faktual

0
Ketua Bawaslu Muratara, Munawir (kianan)

MURATARA,PE- Adanya laporan masyarakat terkait surat rekomendasi partai (B1 KWK) milik salah satu Pasangan Calon (Paslon) yang diragukan, ditanggapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Soalnya jauh sebelum itu, Bawaslu Muratara sudah melayangkan surat imbauan kepada KPUD Muratara.

Dalam surat imbauan tersebut, Bawaslu Muratara meminta agar pihak KPUD Muratara untuk benar-benar melakukan verifikasi faktual terkait dukungan parpol yang dilampirkan oleh setiap Paslon dalam pendaftaran sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati ke KPUD Muratara, beberapa waktu lalu.

Seperti diungkapkan Ketua Bawaslu Muratara, Munawir saat dihubungi melalu ponselnya, pihaknya telah menerima aduan masyarakat terkait surat rekomendasi partai salah satu paslon yang diragukan. Nanti akan pihaknya lihat unsur formil dan materilnya, apakah terpenuhi atau tidak.

“Kalau delik aduannya masuk dan memenuhi unsur itu, nanti baru kita menentukan kajian hukumnya. Selanjutnya kalau semuanya masuk, barulah Bawaslu akan mengeluarkan putusan. Memang sebelumnya juga kita telah melayangkan surathimbauan kepada KPUD Murarata, agar benar-benar memverifikasi faktual semua dukungan parpol itu,” terangnya.

Dalam surat itu, lanjut dia, pihaknya telah memberikan imbauan kepada KPUD Muratara, salah satunya khusus untuk rekomendasi partai itu agar benar-benar diverifikasi secara factual. Dia juga mengaku saat ini sedang dalam perjalanan ke Dewan Pimpinan Partai (DPP) di Jakarta. “Memang sebekum adanya laporan itu, kami telah memikirkan panjang dan bertidak,” ungkapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here