Home Headline News SMP Negeri 55 Palembang Juara Lomba Cerdas Cermat Museum

SMP Negeri 55 Palembang Juara Lomba Cerdas Cermat Museum

0
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi menyerahkan trofi kepada peserta dari SMP Negeri 55 Palembang, yang menjadi juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum jenjang SMP tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yang diinisiasi Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Rabu (23/9).

PALEMBANG, PE – SMP Negeri 55 Palembang akhirnya keluar sebagai juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum jenjang SMP tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yang diinisiasi Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Rabu (23/9). Lomba ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat siswa mengunjungi museum.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal Sarkomi, mengatakan, dari kegiatan ini terlihat bahwa minat siswa terhadap Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa sangat besar.

”Saya berharap even ini berkelanjutan. Sekarang mungkin level SMP, mungkin nanti level SMA. Seperti kemarin ada even Sang Juara,” ujarnya ditemui seusai penutupan lomba di Aula Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa.

Dikatakan, kegiatan yang diinisiasi Kepala Museum Negeri Sumsel Balaputra Dewa Chandra Amprayadi dan jajaran merupakan satu langkah yang sangat positif. Apalagi ditunjang oleh semua stakeholder.

“Terutama para pentaheliks. Seperti dari pemerintah, akademisi. Lalu komunitas, LSM, dari pelaku usaha di bidang pariwisata, dan rekan-rekan media. Pentaheliks ini merupakan kolaborasi yang tidak bisa dipisahkan,” tuturnya.

Menurutnya, Lomba Cerdas Cermat Museum difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel. Tentu program ini akan singkron dengan program nasional.

“Sudah tentu nanti akan ada even yang sama berskala nasional. Provinsi Sumatera Selatan sudah siap mengikuti lomba tingkat nasional tersebut,” ujarnya.

Ia mengapresiasi kegiatan ini mengikuti protokol kesehatan dengan sangat disiplin. Sesuai dengan Pergub No.37/2020, yang menyatakan bahwa masyarakat harus tetap aktif dan produktif, meski di tengah pandemi Corona. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah protokol kesehatan dijalankan dengan sangat baik. Peserta, tim juri, penonton, semuanya memakai masker. Jarak pun dijaga. Protokol kesehatan dalam even sudah dijalankan dengan baik. Insha Allah, kita semua terhindar dari pandemi Covid-19,” tukasnya.

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah trofi, piagam, dan uang pembinaan, yang besarannya, juara pertama Rp5 juta, juara kedua Rp4,5 juta, juara 3 Rp4 juta, juara harapan 1 Rp3 juta, juara harapan 2 Rp2,5 juta, dan juara harapan 3 senilai Rp2 juta.

Sementara Kepala SMP Negeri 55 Palembang Arjo Mulyo mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi terkait lomba baru dua pekan silam. Namun demikian, persiapan untuk cerdas cermat sudah dilakukan sejak setahun lalu.

“Kita berkoordinasi dengan pembina ekskul dan pelatih. Belajar memang melalui daring karena pandemi,” ucapnya.

Menurutnya, pada tahun 2019, sekolah yang dipimpinnya berhasil juara di lomba cerdas cermat. Persiapan tetap dilakukan mana kala ada lagi even serupa. “Lebih kurang hampir satu tahun kami persiapan. Materi yang dipelajari anak-anak, pelajaran sejarah, IPS, dan Ilmu Pengetahuan Umum,” tukasnya.

Ia memasang target masuk sepuluh besar di even tingkat nasional nanti. “Targetnya sepuluh besar kalau bisa,” pungkasnya. CIT

 

Hasil akhir Lomba Cerdas Cermat Museum jenjang SMP tingkat Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (23/9):

Juara I                  : SMP Negeri 55 Palembang

Juara II                 : SMP Negeri 6 Teladan Kayuagung

Juara III                : SMP Negeri 1 Inderalaya

Juara Harapan I  : SMP Negeri 10 Palembang

Juara Harapan II : SMP Xaverius 1 Palembang

Juara Harapan III: SMP Negeri 53 Palembang

Juara Favorit I     : SMP Negeri 9 Palembang

Juara Favorit II    : SMP Negeri 19 Palembang

Juara Favorit III   : SMP Negeri 51 Palembang

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here