Home Sumsel Martapura Taman Kolam Pemkab OKUT, Kumuh, Kotor, dan Tak Terurus

Taman Kolam Pemkab OKUT, Kumuh, Kotor, dan Tak Terurus

0
Kondisi dinding gazebo di pinggir Taman Kolam Pemkab OKUT, yang sudah banyak hilang kayunya.

MARTAPURA, PE – Taman kolam dilingkungan Pemkab OKU Timur yang diwacanakan oleh Pemerintah Daerah menjadi wisata air, saat ini kondisinya terkesan terbengkalai, tidak terawat, kotor dan kumuh. Padahal pada 2018 lalu, kolam taman tersebut pernah direhap.

Tidak lama pembangunan wisata air itu selesai, sempat disebar ribuan benih ikan dan wacananya lokasi itu akan dijadikan wisata air dan kolam pemancingan. Namun sepertinya hanya sebatas wacana saja, karena sudah hampir dua tahun tidak adanya sentuhan pemerintah setempat untuk memaksimalkan wacana tersebut.

Bahkan kini kolam terlihat kumuh dan kotor. Ditambah lagi gazebo banyak yang rusak, sehingga kian menegaskan kesan bahwa taman kolam itu terabaikan.

Pantauan Palembang Ekspres di lokasi, kondisi taman kolam sangat memperihatinkan. Banyak lumut yang berada di air membuat taman kolam tidak indah di pandang mata, apalagi rumput-rumput liar mengelilingi taman kolam membuat kesan tak terawat .

Di tambah lagi gazebo pada kolam tersebut sangat memperihatinkan karena kayunya banyak yang hilang, dan buramnya cat pada dinding dan atap karena seperti sudah lama tidak disentuh tangan untuk perbaikan.

Dikhawatirkan anak-anak yang suka bermain di kolam tercebur ke air, karena posisi gazebo tersebut langsung menghadap ke kolam .

Ironisnya meski terdapat kerusakan pada beberapa bangunan gazebo terutama pada bagian dinding, kemudian buram nya cat pada dinding dan atap, namun nampaknya tak ada upaya perbaikan dari Pemkab OKU Timur.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKUT Fauzie S.Sos, menegaskan soal pemeliharaan gazebo di taman kolam Pemkab OKUT, sampai sekarang pihaknya belum tahu siapa yang bertanggung jawab.

“Ketika ditengah perjalanan Aanggaran 2020 diserahkan pada kita, kita tahu hanya untuk pemeliharaan. Sedangkan pemeliharaan di DLH ini kebersihan, rumput tinggi kita bersihkan. Soal gazebo dan lain-lain, tangan kami belum sampai ke situ,’’ tegasnya saat dikonfirmasi.

Kalaupun soal tersebut jadi atensi ke depan, menurut dia, pihaknya akan menganggarkan dana pemeliharaan lebih jelas lagi. “Kalau sekarang kan terkesan setengah hati, tidak tegas ke DLH. Bukan berarti kita tidak perhatikan lokasi itu,’’ ujarnya. MAM

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here