Home Sumsel Banyuasin Wisata Satwa Gajah Tarik Wisatawan

Wisata Satwa Gajah Tarik Wisatawan

0
Wisata Satwa Gajah Sumatera di Kecamatan Muara Padang, Banyuasin, tepatnya Desa Sidomulyo.

BANYUASIN, PE- Pemerintah Desa Sidomulyo di Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin berencana membuka wisata satwa gajah untuk menarik wisatawan dari dalam maupun luar Banyuasin.

“Kita upaya buka potensi wisata satwa,” kata Kepala Desa Sidomulyo Imam Safe’i.

Dikatakan, dengan membuka wisata satwa gajah dapat membuka peluang tumbuhnya ekonomi masyarakat Desa Sidomulyo.

“Pasti akan tingkatkan ekonomi masyarakat jika terlaksana dengan baik,” imbuhnya.

Diakuinya tamu dari luar acapkali disambut oleh kawanan gajah di wilayah Muara Padang. Itu menjadi daya tarik tersendiri dan membuat para tamu yang datang takjub.

Sutri Riyadi, pelatih Gajah BKSDA Sumsel mengatakan, untuk mengontrol pergerakan gajah-gajah liar, BKSDA Sumsel melatih sebanyak 37 gajah dewasa.

“Sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat, jika gajah tidak berbahaya bagi manusia,” katanya.

Salah satu gajah yang sudah terlatih diberi nama Lina, yang berusia 30 tahun. “Ini salah satunya. Lina, gajah perempuan yang berusia 30 tahun,” bebernya.

Tiap kali ada acara, gajah perempuan itu sering terlibat untuk menyambut tamu. Memang untuk memasuki wilayah hutan marga satwa Padang Sugihan, pengunjung harus melewati Desa Sidomulyo, Kecamatan Muara padang dengan menggunakan speedboat.

“Butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari dermaga besar BKB Palembang,” kata Yeni, salah seorang pengunjung.

Sesampainya di lokasi, wisatawan langsung disuguhkan dengan penampilan gajah-gajah sumatera berukuran besar, tepatnya di Balai Konservasi milik BKSDA Sumatera Selatan. Areal hutan satwa untuk habitat gajah sumatera seluas 70 ribu hektar, 30 ribu hektar lahannya berada di Kecamatan Muara Padang dan 40 ribu hektar lainnya masuk wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir. BUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here