Home Nasional Apel Hari Santri Nasional Ke-5 di Wilayah Kabupaten Terpusat di Makam Pahlawan...

Apel Hari Santri Nasional Ke-5 di Wilayah Kabupaten Terpusat di Makam Pahlawan Giri Dharma

0

Pati, PE – Bertempat di depan halaman Makam Pahlawan Giri Dharma Desa Puri Kevamatan Pati, Kabupaten Pati telah dilaksanakan kegiatan Apel Hari Santri Nasional Ke 5 diwilayah Kabupaten Pati Tahun 2020 dengan tema ” Santri Sehat Indonesia Kuat “, Kamis (22/10/2020).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Pati H. Haryanto SH,. MM,. M.Si, Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani, SE., M.I.Pol, Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at, S.I. K, Kajari Kab. Pati Darmukit, SH,.MH, Wakil Ketua II DPRD Kab. Pati Hardi, Sekertaris Daerah Ir. Suhariyono, MM, Ketua FKUB Kab. Pati Ahmad Khoiron, Pengurus MUI Pati Ahmad Sidad, Pengurus harian PC NU KH Abdul Rohman dan peserta lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pati membacakan sambutan Menteri Agama pada Upacara Bendera Peringatan Haei Santri. Kiita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

Tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan. Dalam kesempatan ini Bupati mengajak segenap santri untuk mensosialisasikan protokol kesehatan yang telah dicanangkan.

“Santri diharapkan sebagai pelopor dalam menghadapi pandemi yang telah terjadi, dengan memberikan sosialisasi diantaranya mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Peran serta santri ini diharapkan akan lebih mengena di masyarakat,” ungkap Bupati.

Tidak dipungkiri pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi Covid-19 menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk mencegah penyebaran. Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan sikap kehati-hatian kiai dan pimpinan pesantren. karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibanding lainnya.

Selesai melaksanakan apel Bupati beserta peserta apel melanjutkan dengan berziarah di Makam Gus Muhammad Hasyim yang berada di komplek Makam Pahlawan Giri Dharma Pati. (m@s)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here