Home Sumsel Muara Enim Baru 78 Persen Target Pajak Kendaraan di UPTB Samsat Muara Enim 2

Baru 78 Persen Target Pajak Kendaraan di UPTB Samsat Muara Enim 2

0
Kepala UPTB Samsat Muara Enim 2, Agus Firmansyah SE

GELUMBANG.PE – Target pendapatan hasil pajak baik roda dua dan roda empat di Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat Muara Enim 2 di Kecamatan Gelumbang hingga Oktober 2020, baru mencapai 78 persen atau senilai Rp 5 Milyar. Tapi tak menutup kemungkinan hingga akhir tahun 2020, pencapaian target bisa terealisasikan semua.

“Target di tahun 2020 yakni Rp 11 Milyar, tapi karena adanya pandemi Covid-19 jadi direvisi hingga menjadi Rp 7 Milyar. Alhamdulilah target kita baru terpenuhi Rp 5,5 Milyar atau 78 persen,” ujar Kepala UPTB Samsat Muara Enim 2, Agus Firmansyah SE saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (21/10/2020) siang.

Firman menambahkan, bagi masyarakat di 9 kecamatan yakni Gelumbang, Muara Belida, Lembak, Kelekar, Sungai Rotan, Belida Darat, Rambang, Lubai dan Lubai Ulu yang ingin membayar pajak tahunan, bisa dilakukan di Samsat Gelumbang. Tapi seiring waktu bisa juga membayar pajak 5 tahunan, sehingga tidak perlu lagi ke Kabupaten Muara Enim.

“Tujuan utama Pak Gubernur adanya Samsat Gelumbang yakni agar masyarakat lebih muda dalam melakukan pembayaran pajak. Dan Alhamdulilah, terhitung April 2020 kemarin sudah beroperasional untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak. Wajib pajak tidak perlu susah payah lagi ke Muara Enim untuk membayar pajak, cukup datang ke UPTB Samsat Muara Enim 2 ini saja semua bisa dilayani disini,” terangnya seraya mengatakan, animo masyarakat sangat antusias adanya Samsat Gelumbang untuk membayar pajak.

Lebih lanjut Firman menerangkan, untuk pelayanan perhari di Samsat Gelumbang bisa mencapai 20-30 pelayanan. Dan ini termasuk lumayan bagus, karena baru berdiri. “Tapi kalau untuk mencakup pelayanan Samsat se Sumsel bisa 100 ribu perhari,” bebernya.

Disinggung kendala apa yang sering terjadi, Firman menjelaskan pelayanan kerap terganggu lantaran kerap terjadinya pemadaman aliran listrik. “Dulu masalah jaringan sekarang sudah dibackup tingkat I Bapenda, yang masih menjadi kendala kita di Gelumbang ini adalah listrik. Karena disini sering terjadinya pemadaman listrik
tanpa ada pemberitahun jadi menghambat proses pelayanan pembayaran pajak,” tegasnya.

Untuk mengatasi hal itu, Sambung Firman, pihaknya sudah mengusulkan kepada Bapenda untuk pengadaan Genset. Tak hanya itu. untuk meningkatkan pelayanan kedepan, pihaknya akan melaksanakan samsat keliling (Samling) di wilayah yang jauh dari UPTB Samsat Muara Enim 2. “Rencana kita kedepan kitakan siapkan Samling, nanti untuk standby di Rambang dan Lubai kita jemput bola kesana,” pungkasnya. RAY

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here