Home Sumsel Empat Lawang Camat Paiker Sesalkan Kades Tidak Ikut Penyuluhan Hukum

Camat Paiker Sesalkan Kades Tidak Ikut Penyuluhan Hukum

0
Camat Paiker Noperman Subhi dan Penyuluh dari Tim Penyuluh FH Unsri, saat memberikan penyuluhan di Paiker, Empat Lawang.

EMPAT LAWANG, PE- Camat Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang, Noperman Subhi menyesalkan Kepala Desa (Kades)  lalai mengikuti penyuluhan dari Fakultas Hukum Unsri. Soalnya materi dalam penyuluhan itu sangat penting, dan berkaitan dengan tugas Kades untuk membidani lahirnya Perdes.

Hal itu disampaikan Camat Paiker, kemarin (20/10). Menurut Camat, kegiatan tersebut dilaksanakan Tim Penyuluh Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) guna melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim melakukannya dengan mengadakan penyuluhan hukum (19/10) di Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) dengan judul “Penyuluhan hukum tentang Urgensi Peraturan Desa (Perdes) bagi aparat Desa di kecamatan Paiker”.

“Hal ini sangat penting bagi Kades. Karena itu kami sayangkan banyak Kades tidak ikut dalam penyuluhan ini,” kata Noperman.

Disampaikannya, peserta yang diharapkan hadir adalah Kades dan Ketua BPD di wilayah Paiker. Namun, nyatanya tidak banyak kades yang hadir. Dari 15 kades yang ada, hanya 6 Kades, yakni dari Muara Rungge, Talang Randai, Nanjungan, Penantian dan Padang Gelai yang diwakili Sekdes. Sisanya, lanjutnya dia, tanpa keterangan. “Padahal penyuluhan dari Fakultas Hukum Unsri ini sangat penting, dan berkaitan dengan tugas Kades untuk membidani lahirnya Perdes,” ujar Camat.

Selama ini, lanjutnya, disinyalir banyak Perdes yang dibuat belum sepenuhnya mengacu pada Pemendagri Nomor 111 tentang pedoman pembuatan Perdes.

“Seharusnya para Kades bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena kegiatannya tanpa mengeluarkan biaya dan pematerinya pun punya keahlian atau sesuai kapasitasnya,” imbuhnya.

Sementara itu Indah Febriani SH, MH selaku ketua tim pelaksana dan sekaligus pemateri yang juga putri asli Paiker, menyampaikan penyuluhan ini ke depannya tidak berhenti sampai di sini dan akan dilanjutkan. “Khususnya dalam pendampingan pembuatan Perdes, yang sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku,” tegasnya. KOE

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here