Home Palembang Centong Besemah dan Beliung Menambah Koleksi Museum Negeri Sumsel

Centong Besemah dan Beliung Menambah Koleksi Museum Negeri Sumsel

0
Kepala Museum Negeri Sumsel Chandra Amprayadi kanan) menerima penyerahan dua benda bersejarah, Centong Adat Besemah dan Beliung kuno dari Ketua Palembang Pusaka Bahari Raden Pangkualam.

PALEMBANG, PE – Kepercayaan masyarakat untuk menyerahkan koleksi bersejarah kepada pengelola Museum Negeri Sumatera Selatan semakin tinggi. Kali ini, Komunitas Palembang Pusaka Bahari menghibahkan dua benda bernilai bersejarah, Centong Besemah dan beliung atau kapak kuno bermotif makara.

Dua barang bersejarah ini langsung diserahkan oleh Palembang Pusaka Bahari, Raden Pangkualam, dan diterima oleh Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, H Chandra Amprayadi, Sabtu (24/10).

Menurut Raden Pangkualam, penyerahan barang bersejarah ini agar memperkaya khazanah budaya bagi pengunjung yang ingin belajar sejarah di Museum Negeri Sumatera Selatan.

“Seperti kapak beliung bermotif makara ini ada di museum Belanda, kita serahkan ke sini (Museum Negeri Sumatera Selatan) agar bisa menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat,” kata dia.

Raden menjelaskan, kapak beliung bermotif makara ditemukan di perairan Sungai Musi di kawasan Pusri. Kapak ini biasanya digunakan untuk membuat kapal, sementara motif yang ada diyakini biasa digunakan pada masa Kesultanan Palembang Darussalam.

“Kami menemukan barang ini sekitar tahun 2012 lalu di perairan Sungai Musi di kawasan Pusri,” terangnya.

Sementara, centong yang juga diserahkan berasal dari Suku Basemah. Centong ini cukup spesial dikarenakan hanya dipakai pada upacara adat semata.

“Ciri yang melekat pada centong adat ini terletak pada ukiran kayunya. Centong ini tidak sembarangan digunakan, namun hanya saar upacara adat saja,” jelasnya.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Selatan, H Chandra Amprayadi, mengaku bahagia dengan serahan benda bersejarah tersebut. Penyerahan barang hibah ini akan dipamerkan pada tata pamer khusus koleksi hibah agar menjadi referensi bagi pengunjung Museum Negeri Sumatera Selatan.

“Kami sangat bersyukur sekaligus terima kasih kepada Komunitas Palembang Pusaka Bahari yang sudah mempercayakan kami untuk menyimpan dan merawat benda bersejarah ini. Barang hibah ini akan kami pamerkan agar bisa menjadi bahan edukasi bagi pengunjung,” ucapnya. RIS

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here