Home Pendidikan EESC 2020 Palembang Digelar Daring

EESC 2020 Palembang Digelar Daring

0

PALEMBANG, PE – Tahun ini, PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang kembali menyelenggarakan Erlangga English Speech Contest (EESC). Program eksklusif dari Penerbit Erlangga ini mendapat respon positif dari para pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel).

Even pidato berbahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini diikuti 677 siswa.

Meski tahun ini dilakukan secara dalam jaringan (daring), antusias peserta pada EESC 2020 masih sangat besar. Tahapan EESC 2020 dilakukan melalui 3 babak penyisihan yakni semifinal untuk menjaring 10 peserta terbaik lalu dilanjutkan babak final untuk menentukan 3 besar.

Setelah melalui beberapa tahapan tersebut, untuk jenjang SD/MI Juara 1 dimenangkan oleh Janice lovely (SD Maitreyawira Palembang), juara 2 Quirin Magnifico Chandra (SD Maitreyawira Palembang), Jessica Aurelia Gozali (SD Maitreyawira Palembang).

Kemudian tingkat SMP/MTS diraih Queennesa Aflia Violen (SMP Maitreyawira Palembang), Juara 2 Elenore Busee (SMP Paramount School) Juara 3 Fredella Slavina Kurniadi  (SMP Xaverius Maria Palembang).

Tingkat SMA/MA Juara 1 Falah Mar’ie Amanullah (MAN Insan Cendekia OKI), Juara 2 M. Fikri Ragli Abyan (SMA Plus Negeri 17 Palembang), Rinovald Fajrisan Fersa (SMA IT Al-Furqon Palembang) sedangkan untuk jenjang SMK/MAK diraih oleh Nuha Nadzirah (SMKN 6 Palembang), Juara 2 Nabillah Fashih (SMKN 6 Palembang) dan Juara 3 Putri Oktaviani (SMKN 6 Palembang).

Para juara untuk setiap tingkatan ini nantinya akan melanjutkan ke tingkat Grand Final yang diselenggarakan 19 Oktober nanti. Pemenang yang menjadi perwakilan untuk audisi Palembang pada EESC 2020 ini adalah Janice lovely (SD Maitreyawira Palembang), Queennesa Aflia Violen (SMP Maitreyawira Palembang), Falah Mar’ie Amanullah (MAN Insan Cendekia OKI), Nuha Nadzirah (SMKN 6 Palembang).

Marketing Communication (Marcomm) PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang, Andika Budiono menjelaskan, even EESC 2020 diselenggarakan sejak Agustus hingga 3 Oktober 2020 dengan sistem online, mengingat kondisi pandemi Covid-19. Peserta mengirimkan video speechnya dan dilakukan penilaian oleh juri melalui online.

“Karena antuasias peserta begitu besar sehingga proses penseleksian kita lakukan dengan beberapa tahapan penyisihan. Selanjutnya terpilih 1 orang siswa masuk ke grand final yang diselenggarakan secara nasional,” jelasnya.

Dalam babak grand final, sambung dia, para peserta menyampaikan pidato dengan materi yang dipilih berdasarkan tema yang ditetapkan panitia dalam waktu lima menit.

“Khusus juara satu masing-masing jenjang akan diperetmukan dengan juara lain di seluruh Indonesia. Untuk cabang Palembang sendiri kita sudah mempersiapkan tropi, sertifikat dan uang pembinaan masing-masing Rp1 juta, Rp.750 ribu dan Rp. 500 ribu. Sementara tingkat nasional dipersiapkan uang pembinaan Rp10 juta untuk juara satu, Rp7juta juara dua dan terakhir Rp5juta untuk juara tiga,” sebut dia.

Sementara itu, Kepala PT Penerbit Erlangga Cabang Palembang, Herianto BS SE MM menjelaskan, EESC merupakan upaya kepedulian Penerbit Erlangga perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan, salah satunya memotivasi siswa untuk bisa berbahasa Inggris.

“EESC telah berlangsung sejak 2012, tujuannya membudayakan semangat bersaing positif dan sportif di kalangan siswa. Kemudian mengembangkan keterampilan verbal berbahasa Inggris serta menciptakan wadah bagi siswa Indonesia untuk menampilkan kemampuan dan keberanian menyampaikan gagasan di depan umum,” jelasnya.

Dia menyebutkan, EESC 2020 sendiri diselenggarakan serentak di 11 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Pekanbaru, Surabaya, Samarinda, Makassar dan Bali.

“Penerbit Erlangga menyelenggarakan even tersebut. Kegiatan ini merupakan event eksklusif Penerbit Erlangga untuk menumbuhkan bakat dan kreatifitas anak bangsa khususnya untuk para pelajar, guru, orang tua, masyarakat umum,” pungkasnya. RIL

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here