Home Ekonomi Ini Fakta-fakta tentang Vaksin AstraZeneca-Oxford

Ini Fakta-fakta tentang Vaksin AstraZeneca-Oxford

0

SETELAH mengalami penundaan yang dikarenakan oleh salah satu peserta mengalami sakit setelah mendapat suntikan vaksin ini, uji coba vaksin corona Oxford akhirnya kembali dilanjutkan. Vaksin corona yang dikembangkan dari kerjasama antara Oxford University dan Astrazeneca ini sempat menimbulkan keraguan dari masyarakat, akibat dari penundaan uji coba.

1.Salah Satu Kandidat Vaksin Terkuat

Chief scientist World Health Organization (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan bahwa vaksin yang dikembangkan oleh AstraZeneca merupakan salah satu kandidat terdepan dalam perlombaan penemuan vaksin. Pendiri Microsoft Bill Gates juga menjagokan vaksin ini sebagai senjata melawan corona di dunia.

Sebagai salah satu pionir dalam pengembangan vaksin Covid-19, AstraZeneca telah mendapat suntikan dana dari Pemerintah AS melalui operasi warp speed sebesar US$ 1,3 miliar (setara dengan Rp 18,85 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.500/US$).

Sebagai gantinya AS meminta jatah vaksin AZD1222 sebanyak 400 juta dosis. Perusahaan yang bekerja sama dengan Oxford University ini juga mendapatkan pendanaan dari Komisi Uni Eropa sebesar US$ 396 juta (Rp 5,74 triliun) dalam bentuk down payment (DP) guna menyelamatkan 300 juta dosis vaksin.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here