Home Sumsel Muara Rupit IPM di Kabupaten Muratara Terus Alami Peningkatan

IPM di Kabupaten Muratara Terus Alami Peningkatan

0
Staf Khusus Bupati Muratara, Prof Fahrurrozie Sjarkowi

MURATARA,PE- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dinilai berhasil mengukir hasil signifikan, dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari tahun ke tahun. Soalnya, IPM di kabupten tersebut terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Hal itu dibuktikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di bawah kepemimpinan Bupati HM Syarif Hidayat, IPM Kabupaten Muratara pada tahun 2015 hanya 62.32 persen, meningkat menjadi 64.32 persen di tahun 2019, dengan rata-rata tumbuh sebesar 0,89 persen per tahunnya.

Demikian diungkap oleh Staf Khusus Bupati Muratara, Prof Fahrurrozie Sjarkowi kepada awak media, Senin (26/10/20). Dia mengatakan, peningkatan IPM Kabupaten Muratara terus tumbuh dan hingga saat ini menempatkan Muratara berada diperingkat 9 se Sumatera Selatan.

Dimana IPM tersebut mengalami peningkatan, menurut dia, karena pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan. Menurut dia, dalam IPM suatu daerah tersebut indikator variabelnya yakni bidang kesehatan, bidang pendidikan dan indikator bidang perkonomian. Dalam hal itu ketiga indikator tersebut di Muratara, khususnya dibawah kepemimpinan HM Syarif Hidayat, terus mengalami pertumbuhan.

“Untuk bidang kesehatan saat ini seluruh Kecamatan di Kabupaten Muratara sudah memiliki Puskesmas, dengan infrastruktur yang memadai dan pelayanan yang baik, ditunjang dengan Polindes setiap desa. Bidang pendidikan, sekolah-sekolah telah sesuai dengan standarnya masing masing. Sementara untuk pembangunan bidang ekonomi, didukung dengan pembangunan seperti jembatan-jembatan sebagai akses perekonomian masyarakat yang terus ditingkatkan selama 4 tahun ini “, jelas Rektor Universitas Musi Rawas (Unmura) itu.

Dengan semua upaya yang dilakukan pemerintah dibawah kepemimpinan HM Syarif Hidayat tersebut, menurut dia, roda perekonomian menjadi lebih cepat bergerak. Dimana pasar-pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat sudah beroperasi, baik di tingkat kecamatan maupun tingkat-tingkat desa.

“Oleh sebab itulah masyarakat Muratara harus bersyukur, karena laju IPM terus mengalami peningkatan, serta membuktikan bahwa program pemerintah selama ini memang benar-benar berpihak kepada rakyat,” ujarnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here