Home Palembang Jeep “ Jungle Jane” Dr AK Gani Bakal Direstorasi KJPP

Jeep “ Jungle Jane” Dr AK Gani Bakal Direstorasi KJPP

0
Ersan Benyamin alias Ican, Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) dan anggotanya bersama Kepala Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI Dr AK Gani, GI Priyanti Gani foto bersama di depan mobil jeep “Jungle Jane” milik Pahlawan Nasional asal Sumsel, Dr AK Gani.

PALEMBANG.PE – Siapa yang tidak mengenal Dr AK. Gani, pahlawan nasional asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan menyandang banyak titel mulai bintang film, aktivis pergerakan, dokter, menteri, hingga perwira militer. Perannya yang paling menonjol terjadi di era Revolusi.

Nah, Dr AK Gani dulu memiliki dua mobil Jeep kesayangan yaitu bernama Tarzan dan Jungle Jane. Dua jipnya dikendarai sendiri oleh Dr Ak Gani saat revolusi, dengan melakukan gerilya masuk dari hutan satu ke hutan di Sumsel.

Saat kehabisan bensin, ia ganti menunggang kuda sembari mengenakan topi lebar dari bahan kulit. Ia bergerilya mengorbankan semangat rakyat dari Curup menuju Lampung, melalui Pantai Bengkulu Selatan hingga Muara Sahung, markas Gubernur Militer Sumatera Selatan.

Satu mobil Jeep peninggalan Dr AK Gani bernama Jungle Jane berada di Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI Dr AK Gani di Jalan MP Mangkunegara Palembang, satu lagi jeep bernama Tarzan berada di Museum Sub Koss, Kota Lubuk Linggau.

Kini kondisi Jeep peninggalan Dr AK Gani bernama Jungle Jane tersebut memprihatinkan. Selain onderdilnya banyak hilang, terlihat lusuh dan cat hijaunya sudah melepas dan tidak cerah lagi serta tidak terawat. Prihatin dengan kondisi Jungle Jane, sejumlah orang yang tergabung dalam Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) tersentuh dan ingin merestorasi mobil Jeep bersejarah kesayangan Dr AK Gani itu.

Menurut Ersan Benyamin alias Ican, Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP), mereka dari Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) mendengar bahwa peninggalan mobil Jeep Wilis Amerika tahun 1952 peninggalan Dr AK Gani yang kondisinya memprihatinkan. Padahal mobil Jeep tersebut merupakan peninggalan sejarah, yang harusnya dijaga dan dilestarikan.

“Saat kita lihat ada komponennya yang sudah tidak ada lagi, kita coba untuk mengajak Kepala Museum Pahlawan nasional Mayjen TNI Dr AK Gani, GI Priyanti Gani sebagai pengelola museum bagaimana mobil Jeep peninggalan sejarah ini bisa kita angkat lagilah, paling tidak menjadi bukti sejarah Museum AK Gani,” katanya saat mengunjungi dan mengecek mobil Jeep Jungle Jane tersebut, Selasa (13/10).

Jika memungkinkan, menurutnya, Jeep ini akan dipamerkan dalam pameran di Museum Pahlawan nasiyonal Mayjen TNI Dr AK Gani, karena sejarah mobil Jeep ini sangat panjang dan jarang sekali. Dimana Jeep peninggalan sejarah seperti jeep milik Dr AK Gani, ternyata fisiknya masih ada.

Sedangkan Kepala Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI Dr AK Gani, GI Priyanti Gani mengatakan mobil Jeep tersebut sudah ada di museum ini sejak tahun 2004, bersamaan dibangunnya Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI Dr AK Gani. Jeep tersebut, menurutnya, bukti otentik yang ikut menjadikan Dr AK Gani sebagai Pahlawan Nasional dari Sumatera Selatan.

Selain itu Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI Dr AK Gani, memang terbuka untuk umum dan pihaknya membuka sejarah Dr AK Gani, termasuk perjuangan Dr AK Gani dari Lampung, Bengkulu dan Sumsel. “Terbentuklah museum ini dengan data-data dan peninggalan Pak AK Gani termasuk mobil Jeep. Mobil Jeep Pak AK Gani ini ada dua, kalau yang ada di Museum Ak Gani ini namanya Jungle Jane, sedangkan yang ada di Museum Sub Koss Lubuk Linggau namanya Tarzan,” katanya.

Pihaknya berterima kasih dengan Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) yang membantu memperbaiki mobil Jeep Jungle Jane ini, karena pihaknya memang memiliki keterbatasan dana untuk mengelola museum ini, termasuk Jeep tersebut. Namun dengan tekad yang kuat, pihaknya terus berjalan walaupun terseok-seok. “Dengan adanya komunitas jeep yang akan memperbaiki mobil Jeep ini, yang akan dipamerkan saat peresmian Museum Dr AK Gani dan pameran di Museum Dr AK Gani bersama 25 November,” katanya.

Dia berharap kalangan media ikut memperomosikan Museum AK Gani ini, sehingga banyak pengunjungnya. “Mobil Jeep Jungle Jane perjalanannya setahu saya itupun dilihat di foto, dari Lampung, Bengkulu, Lubuk Linggau sampai kabupaten kota di Sumatera Selatan. Itu di masa revolusi, beliau (Dr AK Gani) bergerilya sekitar tahun 1949 sampai 1950,” katanya. DUD

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here