Home Palembang Ketua PN Palembang Disanksi 1 Tahun Tunda Kenaikan Pangkat

Ketua PN Palembang Disanksi 1 Tahun Tunda Kenaikan Pangkat

0

PALEMBANG, PE – Diduga karena tidak disiplin, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kls 1 A Khusus Palembang, Bombongan Silaban SH dihukum penundaan kenaikan pangkat 1 tahun oleh Mahkamah Agung RI.

Hal tersebut dikarenakan Ketua PN Palembang ini dianggap dan dinilai Badan Pengawas MA RI melanggar disiplin berdasarkan keterangan Disposisi Ketua Kamar Pengawasan tanggal 3 september 2020 ke Bawas MA RI, meneruskan hasil pemeriksaan dan rekomendasi Dirjen Badilum tertanggal 18 September 2020.

Bombongan Silaban dianggap melanggar SKB Mahkamah Agung dan Ketua Komisi yudisial no 047/KMA/SK/IV/2009-no 02/SKB/P.KY/IV prinsip hurip C butir 5. Berintegritas tinggi YO.PB MA RI dan KY nomor 02/PB/MA/IX/2012-02/PB/P.KY/09/2012 pasal 9 ayat (4) a dan pasal 19 ayat (3) c .JO.Perma No 7 tahun 2016 pasal 13 ayat 2 jo Sema no 1 tahun 2020 angka 1 huruf l dan huruf n.

Tercatat ada 52 hakim yang dijatuhi sanksi disiplin sepanjang September 2020 se Indonesia. Satu hakim dijatuhi hukuman etik berat, 8 hukuman etik sedang, dan sisanya dijatuhi sanksi ringan.

Bombongan Silaban yang ditemui setelah sidang perdata di ruangan sidang Sari PN Palembang, mengelak saat hendak dikonfirmasi. Ia mengaku tengah sibuk, dan pilih pergi untuk makan siang.

Sementara Humas PN Palembang, Abu Hanifa membenarkan, jika hakim bisa dijatuhi hukuman disiplin. Namun, Abu Hanifa tak menyebut alasan hakim dijatuhi hukuman disiplin. “Ada sedang, ada ringan. PN Palembang disitu kan ada 3 (dijatuhi hukuman disiplin). Apakah itu pemeriksaan yang lalu atau tidak, saya tidak tahu,” tegas Abu.JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here