Home Olahraga KONI Sumsel Sayangkan PON Papua Tak Pertandingan Sejumlah Cabor

KONI Sumsel Sayangkan PON Papua Tak Pertandingan Sejumlah Cabor

0
Wakil Ketua Binpres KONI Sumsel, Ahmad Yani

PALEMBANG, PE– Kebijakan PB PON XX/2021 yang tidak memainkan sejumlah cabang olahraga (Cabor) di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, membuat kecewa sejumlah pihak. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Selatan (Sumsel) pun cukup menyayangkan hal itu.

Wakil Ketua Binpres KONI Sumsel, Ahmad Yani, menyatakan cukup kecewa atas kebijakan tersebut. Apalagi, di antara Cabor itu merupakan andalan kontingen Sumsel untuk mendulang medali emas, antara lain Ski Air dan Balap Sepeda.

“Selaku Waketum yang membidangi Binpres, sangat menyayangkan 10 cabor tidak dipertandingkan karena ada cabor andalan Sumsel juga yang dicoret,” ungkap Ahmad Yani.

Menurut Ketua Umum Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumsel, paling tidak kesempatan potensi tiga medali emas Sumsel sudah lewat. “Tiga medali emas Sumsel itu di cabor Ski Air dan Balap Sepeda. Selain itu memang ada yang tidak lolos, dan ada juga yang mendapatkan wild card. Tapi yang dua cabor itu utamanya,” kata Yani.

Menyikapi keputusan ini, KONI Sumsel tidak bisa berbuat apa-apa dan terpaksa legowo menerima kenyataannya. “Kalau sudah keputusan PB kita tidak bisa apa-apa, dan Pengprov yang bersangkutan juga pasti sudah mengetahuinya,” ujarnya.

Dalam Surat Keputusan (SK) PB PON, ada 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. PON sendiri direncanakan digelar 20 Oktober hingga 2 November 2021 di Jayapura, Mimika, Merauke. Beberapa poin yang digarisbawahi dalam SK PB PON XX/2021, antara lain mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin Cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan kuota atlet 6.442 orang.

Adapun 37 cabor yang akan dipertandingkan tersebut diantaranya Aerosport, Akuatik, Anggar, Angkat Berat, Atletik, Baseball, Bermotor, Biliard, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, Gulat, Hockey, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Rugby, Selam, Senam, Sepak bola, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Taekwondo, Tarung Drajat, Tenis, Tinju, dan Wushu.

KONI Sumsel dari awal mengatakan, target utama di PON Papua adalah memperbaiki peringkat pada PON sebelumnya di Jawa Barat 2016. Dimana kontingen Sumsel finis tercecer di posisi 21 klasemen akhir, dengan hanya meraih 6 medali emas, 11 perak, dan 14 perunggu. JAN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here