Home Pariwisata Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Herman Deru Resmikan Agrowisata Tanjung Sakti

Pulihkan Ekonomi Masyarakat, Herman Deru Resmikan Agrowisata Tanjung Sakti

0
Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Bupati Lahat Cik Ujang, Wali Kota Pagaralam Alfian Maskoni dan Wali Kota Palembang Harnojoyo meresmikan dibukanya taman agrowisata Tanjung Sakti, Lahat.

LAHAT, PE – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru SH MM menyampaikan apresiasinya atas diresmikannya Agrowisata Tanjung Sakti, Desa Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat. Menurut Deru, taman agrowisata yang merupakan inovasi putra daerah Tanjung Sakti dan juga Wali Kota Palembang H Harnojoyo, terbukti dan diyakini dapat memulihkan perekonomian warga sekitar di tengah pandemi virus corona atau coronavirus disease 2019 (covid-19).

Deru sendiri menyampaikan perasaan bahagianya dapat berkumpul bersama di destinasi wisata yang luar biasa ini. Di mana banyak sekali orang mendapatkan kebahagiaan baik dari Sumsel, Lahat, Pagaralam, dan sekitarnya juga dari luar provinsi Sumsel.

“Karena dibantu potensi keberkahan yang diberikan Allah untuk menciptakan tempat Agrowisata Tanjung Sakti. Jadikanlah contoh buatlah inovasi-inovasi, pemikiran seperti ini pasti membanggakan kita semua,” terangnya.

Saat ini, sambung dia, pemerintah sedang sibuk untuk memulihkan ekonomi, dan tempat yang diresmikannya yakni Agrowisata Tanjung Sakti, banyak orang yang berjualan ini adalah sumber ekonomi baru.

“Dengan ini juga membantu bagi pertumbuhan ekonomi. Kita harapkan dengan adanya Agrowisata ini berdampak pada perbaikan ekonomi di Sumsel,” beber Deru.

Objek wisata yang diberi nama Agrowisata Tanjung Sakti ini menawarkan keindahan air terjun lengkap dengan sejuta pesona alamnya, berupa hamparan sawah dan derasnya aliran sungai yang nantinya diharapkan akan mampu memikat kedatangan pengunjung. Terlebih di objek wisata tersebut dilengkapi dengan spot foto terbaik.

Selain menyajikan keindahan alam serta sejuknya udara sekitar akan membuat decak kagum wisatawan. Apalagi letak air terjun Agrowisata Tanjung Sakti ini terbilang mudah dijangkau dan sama sekali tidak dikenakan tarif masuk alias gratis bagi setiap pengunjung yang datang.

Deru kembali mengatakan, hadirnya Agrowisata Tanjung Sakti diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi baru bagi masyarakat Kabupaten Lahat. Sekaligus menjadi salah satu sektor yang turut andil dalam upaya pemulihkan ekonomi di tengah masa pandemi covid-19.

“Dampak positif yang kita harapkan dengan dibukanya destinasi wisata ini akan banyak sekali sektor informal yang menjadi hidup, dampaknya juga akan dirasakan oleh Kabupaten/Kota di sekitarnya seperti Kota Pagaralam. Kemudian pedagang bermunculan di mana-mana menandakan sumber ekonomi baru tumbuh di sini,” tuturnya.

Mantan bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dua periode ini menyebutkan, saat ini pemerintah tengah fokus mengembangkan destinasi wisata di tiap-tiap wilayah, sehingga diharapkan menjadi tujuan alternatif bagi wisatawan dari berbagai daerah.

“Pak Bupati, saya titip ini untuk masalah keamanannya diutamakan. Sehingga pengunjung merasa nyaman. Nanti untuk souvenirnya bisa kolaborasi antara Lahat dan Pagaralam. Misalnya kopi, tenunan, maupun kulinerannya. Kita ingin ini menjadi alat dalam pemulihan ekonomi, khususnya di kabupaten/kota yang mengitari,” tambahnya.

Deru mengakui saat ini akses infrastruktur di Kabupaten Lahat sudah mulus, di mana masyarakat dapat nyaman dan aman untuk sampai ke lokasi Agrowisata Tanjung Sakti.

“Infrastruktur jalan sudah mulus, ayo seluruh masyarakat Sumsel, datang dan rasakan sendiri pesona Agrowisata Tanjung Sakti. Untuk Pak Harnojoyo, terimakasih idenya yang sangat inovatif, apalagi ini gratis untuk umum. Point pentingnya adalah ibadah, yang kedua pemulihan ekonomi kita sama-sama bersyukur tempat ini menjadi destinasi wisata baru,” pungkasnya.

Diketahui, Gubernur Herman Deru dan jajaran melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Lahat dan sekaligus meresmikan Agrowisata Tanjung Sakti, Jumat (30/10). Kedatangan orang nomor satu di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel itu disambut dengan Tari Siwar khas Tanjung Sakti. Di mana dengan pisau di kedua belah tangan yang tajam yang diletakkan di atas jempol tangan dengan menari yang tentunya harus pakai keseimbangan. BRN

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here