Home Ekonomi Sekali Klik, QRIS BSB Makin Dilirik

Sekali Klik, QRIS BSB Makin Dilirik

0
Tetap Aman Berbelanja Wisatawan melakukan transaksi pembayaran menggunakan fitur QRIS Bank Sumsel Babel di Galeri Krya Sriwijaya, senin ( 26/10 ). Di Galery Kriya Sriwijaya kebanyakan Konsumen atau wisatawan yang berbelanja dalam jumlah besar dengan adanya fitur QRIS Bank Sumsel Babel tidak repot dan tetap aman dalam berbelanja di masa Pandemik Covid-19. Foto : Alhadi Farid / Palpres. Com
Bethanica Susmanda

Oleh Bethanica Susmanda

PALEMBANG,PE- “Silahkan buka aplikasi dompet digital dari ponselnya ibu, klik scan dan scan pada barcodenya,” begitu kata Kennedy, Manager Kriya Sriwijaya saat membantu salah seorang konsumen yang melakukan pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard/QRIS dari Bank SumselBabel (BSB).

Tak perlu waktu lama, transaksi pembayaran satu buah kain jumputan khas Palembang telah selesai tanpa repot membawa uang tunai atau menyiapkan kembalian.

Manfaat dan kemudahan
Pengelola merapikan kain songket di Galeri Krya Sriwijaya Jalan POM Kampus, Kota Palembang, Senin ( 26/10 ). Kehadiran fitur BSB QRIS di Galery Kriya Sriwijaya tidak hanya bermanfaat bagi konsumen namun juga bagi pelaku UMKM sehingga masyarakat umum langsung merasakan manfaat dan kemudahan dari layanan digital seperti ini. Foto : Alhadi Farid / Palpres. Com

Panduan ini kerap kali dilakukan Kenedy untuk memudahkan konsumen Kriya Sriwijaya menggunakan fitur QRIS BSB, mengingat QRIS BSB baru diluncurkan 19 Agustus 2020 lalu, tak jarang banyak kosumen yang belum mengetahui keunggulan dari inovasi terbaru dari layanan transaksi non tunai dari Bank SumselBabel ini.

“Kebanyakan konsumen Kriya Sriwijaya berbelanja dalam jumlah besar, sehingga tidak memungkinkan untuk membawa uang tunai, maka dari itu telah menyiapkan berbagai metode pembayaran non tunai termasuk QRIS BSB,”ungkap Kenedy di sela-sela aktifitasnya melayani konsumen.

Sejak dibuka 12 Agustus 2020, Kriya Sriwijaya memang telah menjadi satu dari 1643 merchant Bank SumselBabel yang menghadirkan fitur QRIS BSB.

Menurut Kenedy, respon konsumen terhadap layanan digital berbasis scan barcode ini sedikit banyak mulai dilirik. “Setiap bulan pasti ada yang menggunakan QRIS BSB sebagai metode pembayaran,”kata Kenedy.

Apalagi lanjut Kenedy, situasi Pandemi Covid-19 membuat konsumen beralih menggunakan layanan digital termasuk metode pembayaran.

Fitur QRIS BSB menjadi yang paling sering ditawarkan sebagai metode pembayaran karena transaksinya lebih mudah dan cepat dengan menscan barcode melalui aplikasi dompet digital dari ponsel.

Inovasi yang dilakukan Bank SumselBabel ini terbukti memberikan kemudahan bagi konsumen maupun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam bertransaksi termasuk mendukung pemerintah menggaungkan gerakan non tunai terlebih di situasi Pandemi Covid-19.
“Kami sangat bersyukur dengan adanya fitur QRIS BSB yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran non tunai, sehingga konsumen memiliki banyak pilihan metode pembayaran bisa melalui EDC, BSB Cash, dan yang terbaru QRIS BSB,”ungkap Kenedy.

QRIS BSB pertama kali diluncurkan secara resmi pada 19 Agustus 2020 oleh Direktur Utama Bank SumselBabel, H Achmad Syamsuddin beserta Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H Mawardi Yahya.

Dalam peluncuran QRIS BSB, Achmad Syamsuddin mengungkapkan, kehadiran BSB QRIS melengkapi layanan digital yang telah dihadirkan Bank SumselBabel sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi perbankan di era revolusi industri 4.0 dan Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda negeri.

“Dalam situasi saat ini kami perbankan dituntut untuk terus berubah, bahkan di 2021 layanan perbankan tidak perlu lagi ke Bank namun memanfaatkan digital,”ungkap Achmad.

Saat ini Bank SumselBabel terus mensosialisasikan penggunaan QRIS tidak hanya bagi konsumen namun juga bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga masyarakat dapat langsung merasakan manfaat dari layanan digital ini.

Saat ini lanjut Achmad Syamsuddin, pihaknya tak hanya fokus pada penambahan merchant QRIS namun juga pada penggunanya yakni nasabah Bank SumselBabel yang masih didominasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Ada banyak sekali potensi yang bisa kita garap untuk pengembangan QRIS, untuk di tahap awal ini ke depan kami akan fokus ke ASN yang menjadi nasabah terbesar kami selama ini. Sehingga di awal sosialisasi kita lakukan ke ASN baik di lingkungan Pemkot Palembang maupun Pemprov Sumsel,”paparnya. BET

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here