Home Headline News SMP Negeri 55 Palembang Jejak Semifinal Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

SMP Negeri 55 Palembang Jejak Semifinal Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

0
Tim SMP Negeri 55 Palembang

PALEMBANG, PE – SMP Negeri 55 Palembang berhasil melaju ke babak semifinal pada ajang Lomba Cerdas Cermat Museum SMP/MTs Tingkat Nasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Museum Nasional, Rabu (7/10).

Wakil Sumatera Selatan ini, berhasil mengalahkan perwakilan dari Banten dan Kalimantan Timur, dengan membukukan angka tertinggi, 2100.

“Alhamdulillah, kita berhasil melaju ke semifinal besok,” kata Rika Oktarina, pembimbing tim SMPN 55 Palembang.

Dikatakan, tim SMP Negeri 55 Palembang tampil sangat dominan mengawali kiprahnya di pentas nasional. Di babak pertama soal wajib, dari sepuluh soal yang diberikan, banyak yang berhasil dijawab dengan benar.

“Soal yang diberikan tentang sejarah, budaya, permuseuman, dan lagu daerah. Anak-anak berhasil menjawab sebagian besar dengan benar. Mereka tampil begitu bersemangat,” tuturnya.

Lomba cerdas cermat itu berlangsung secara daring menggunakan aplikasi Zoom. Sayangnya sedikit terjadi gangguan akibat sinyal yang tidak stabil.

“Suara kita lambat sampai ke sana. Ada delay dan tidak jelas didengar dewan juri. Akhirnya siswa menuliskan jawabannya di kertas, lalu ditunjukkan ke kamera,” ucapnya.

Di babak rebutan, ia mengatakan, siswanya juga berhasil mendominasi. Dari sepuluh pertanyaan yang diberikan, sebagian besar berhasil dijawab dengan benar.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa masuk sepuluh besar, seperti harapan pak Chandra Amprayadi (Kepala Museum Negeri Sumsel). Selama ini kita belum pernah sampai di sepuluh besar. Ini yang buat siswa lebih giat belajar,” tukasnya gembira.

Ia mengaku belum tahu siapa lawan yang akan dihadapi di babak semifinal, yang akan berlangsung Kamis (8/10) pagi.

“Kemungkinan Sumatera Utara dan Sulawesi. Kita belum tahu. Sebab masih akan diundi lagi,” ujarnya seraya menambahkan, pihaknya difasilitasi penuh oleh Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Disinggung strategi yang akan diterapkan untuk pertandingan semifinal nanti, menurut dia, siswa akan berusaha sedapat mungkin menjawab soal dengan benar. Makanya mereka memantau pertandingan penyisihan hari ini sambil mempelajari soal-soal yang diberikan dewan juri.

“Kita fokus di babak soal wajib. Ketika pertanyaan dengan jawaban benar atau salah, mereka bisa berembuk. Dan ketika pertanyaan rebutan. Kalau memang mereka bisa, cepat menjawab. Kalau tidak bisa, lebih baik tidak menjawab. Sebab nilainya akan dikurangi kalau salah,” tuturnya.

SMP Negeri 55 Palembang menjadi wakil Sumsel di ajang nasional setelah berhasil menjadi juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum jenjang SMP tingkat Provinsi Sumatera Selatan, yang digelar Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, 23 September silam.

Kepala Museum Negeri Sumatera Selatan Chandra Amprayadi menyambut baik keberhasilan tim SMP Negeri 55 Palembang melaju ke semifinal.

“Alhadulilah, Sumsel berhasil masuk ke babak berikutnya. Semoga Sumsel bisa melangkah lebih jauh sampai ke final,” ucapnya.

Babak semifinal besok bisa disaksikan lewat tayangan live streaming di channel Youtube Museum Nasional Indonesia mulai pukul 08.30. Babak final akan berlangsung pada 12 Oktober 2020. CIT

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here