Home Headline News Warga Heboh, Ada Buaya 2 Meter Terlilit Jaring

Warga Heboh, Ada Buaya 2 Meter Terlilit Jaring

0
Buaya Senyulung yang ditangkap warga Kelurahan Karya Makmur

MURATARA,PE- Warga Kelurahan Karya Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (23/10), dihebohkan seekor buaya jenis Sapit/Senyulong tersangkut jaring warga.

Hewan bermoncong lancip dengan nama latin Tomistoma ini, terlilit jaring milik Burhan, warga Kelurahan Karya Makmur yang terpasang di siring Blok 16 PT Lomsum itu. Tertangkapnya seekor buaya, diketahui pertama kali oleh kedua teman Burhan yang melintas di lokasi. Selanjutnya bersama Burhan, buaya tersebut dapat ditangkap dan dibawah ke ke kediaman Burhan.

Irawan, salah satu teman Burhan yang ikut menangkap buaya Senyulong itu kepada Palembang Ekspres mengatakan, saat dia dan rekannya melintas, mereka melihat buaya itu meronta-ronta seperti ingin melepaskan diri dari lilitan jaring Burhan yang terpasang di saluran air sedalam sekitar 50 centimeter.

Ketika Burhan tiba dilokasi, dia bersama temannya melilitkan lagi jaring dan mengikat tali ke tubuh buaya agar predator sungai itu dapat diangkat dan dibawa pulang.

Menurut dia, mereka bertiga sempat merasa khawatir saat turun ke saluran air untuk mengangkat buaya itu. Karena ditakutkan ada buaya lain di lokasi, sebab selama ini di saluran air perusahaan yang bermuara di Sungai Kelumpang, masyarakat Kecamatan Nibung sering menangkap atau melihat buaya. Bahkan, pernah ada yang menangkap buaya dengan ukuran 8 meter.

“Kalau cerita warga, ada buaya yang tertangkap di Sungai Kelumpang tahun 2018 lalu karena terlilit jaring juga. Kalau dulu-dulu ada yang panjang 8 meter berhasil ditangkap warga, dari Sungai Kelumpang itu,” sampainya.

Sementara Lurah Karya Makmur, Candra yang ditemui di lokasi kolam warga tempat buaya itu dipelihara mengungkapkan, baru mengetahui bahwa ada warganya yang menangkap buaya itu pagi tadi. Karena, dia langsung ke lokasi untuk melihatnya. Dari informasi yang dia dapat, buaya tertangkap jaring yang sebelumnya dia pasang.

Diakuinya, memang sudah beberapa kali ada warga yang menangkap buaya dari sungayi Kelumpang itu. Bahkan dulu pernah tertangkap buaya berukuran besar dengan panjang sekitar 8 meter, dan pada 2018 lalu juga ada warga yang menangkap buaya disana tetapi tidak terlalu heboh seperti sekarang.

“Karena sudah beberapa kali ditemukannya buaya disana dan Sungai Kelumpang juga masih banyak warga yang mencari nafkah atau mandi, diimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Kepada dinas terkait karena sepertinya ada habitat buaya di sungai itu, kiranya dapat mengambil tindakan atau turun langsung kesini,” harapnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here