Home Parlemen & Politik 13 Laporan Pelanggaran Pilkada Tercatat di Bawaslu Muratara

13 Laporan Pelanggaran Pilkada Tercatat di Bawaslu Muratara

0
Ketua Bawaslu Muratara, Munawir

MURATARA,PE- Jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawasli) Muratara telah mencatat sebanyak 13 kasus laporan diduga merupakan pelanggaran dalam Pilkada Kabupaten Muratara 2020.

Hal itu seperti dijelaskan langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara, Munawir, kepada awak media Senin (16/11/20). Dia mengatakan, sampai hari ini laporan yang masuk ke pihaknya sebanyak 13 laporan yang telah selesai diproses dan semuanya telah ditangani sesuai mekanisme serta kajian-kajian yang ada.

Semuanya juga telah pihaknya laporkan ke Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI, dimana semua laporan itu seperti pelanggaran administratif maupun pelanggaran yang memiliki sanksi pidana, semua telah pihaknya selesaikan. “Misalnya pelanggaran administrasi kita gunakan mekanisme Perbawaslu Nomor 8, sedangkan untuk laporan pelanggaran pidana Pemilu kita melalui Gakumdu secara bersama akan melakukan pembahasan tentang itu,” ujarnya.

Sementara terkait tingkat kesulitan dalam penyelesaian laporan itu, Munawir mengungkapkan sesulit apapun itu Bawaslu akan tetap serius menanggapinya agar jangan sampai ada yang merasa didikriminasi. Oleh karena itu dia mengimbau kepada seluruh jajarannya, baik Panwaslu maupun tingkat Desa, agar setiap laporan yang masuk harus direspon secepat mungkin dan jangan sampai berlarut-larut.

“Karena dalam penyelesaian dari setiap aduan atau laporan di Pilkada tahun 2020 ini Bawaslu hanya memiliki waktu singkat sekali, hanya 5 hari. Dari 13 laporan itu jenisnya ada pelangaran kode etik, laporan masyarakat, dan termasuk juga temuan dari pihak Bawaslu sendiri,” ujarnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here