Home Parlemen & Politik 6 Desember, Logistik Pilkada Mulai Didistribusikan ke Tingkat PPK

6 Desember, Logistik Pilkada Mulai Didistribusikan ke Tingkat PPK

0
Logistik Pilkada saat tiba di KPUD Muratara

MURATARA,PE- Jelang pelaksaan Pilkada Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) 9 Desember 2020 mendatang yang berdasarkan perhitungan hanya tinggal 16 hari lagi, KPUD Muratara memastikan 6 Desember 2020 semua logistik sudah sampai ke tingkat PPK.

Hal itu seperti dijelaskan langsung Ketua KPUD Muratara, Agus Maryanto kepada awak media beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, saat ini KPUD Muratara telah memasuki tahapan penerimaan logistik Pilkada ditingkat Kabupaten dan penerimaan logistik sedang berlangsung.

“Untuk jumlah logistik sendiri sebagian telah sampai seperti bilik, tinta, segel, kabel ties, kotak suara, dan surat suara sedang dalam perjalananan. Dari semua itu sama-sama kita ketahui bahwa logistik Pemilu adalah kunci akhir tampilan pelaksaan Pemilu dari kedaulatan proses pemilihan disuatu daerah,” terangnya.

Pada 9 Desember 2020 nanti itu, menurut dia, merupakan wajah puncak kedaulatan pemilihan suatau daerah itu sendiri. Dimana saat hari pelaksanaan tersebut, dapat dilihat tercapai atau tidaknya prinsip-prinsip dalam logistik pemilihan itu sendiri, baik itu tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu dan memenuhi apa asas-asas dalam Pemilu.

Sementara ditanya kapan logistik tersebut akan didistribusikan hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Agus Maryanto menjelaskan, pihaknya telah merencanakan selain jumlah surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di KPUD Muratara, ditambah 2,5 persen surat suara per TPS.

Dimana dari 147.174 surat suara yang saat ini sedang dalam perjalanan, akan dilakukan pelipatan surat suara di KPUD Muratara dengan target waktu 5-6 hari, dengan mengunakan tenaga-tenaga yang ada di KPU Muratara. “Setelah itu kita akan melakukan proses pengepakan, kemudian di tanggal 5 Desember semua proses pengepakan sudah harus selesai, sehingga pada tanggal 6-8 Desember 2020 kita lakukan proses pendistribusian dari tingkat KPU, PPK hingga ke tingkat Desa,” ungkapnya.

Dari proses itu logistik yang telah sampai ditingkat desa, lanjutnya pada tanggal 9 Desember 2020 atau hari pelaksanaan sudah berada di TPS masing-masing. Dimana jumlah total TPS yang ada di Kabupaten Muratara yakni sebanyak 427 TPS. “Selain logistik, seperti biasanya itu dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2020 ini ada beban tambahan yang dilakukan seluruh KPU Kabupaten/Kota di Indonesia yakni pendistribusian Alat Perlindung Diri (APD) untuk penerapan prokes saat pemilihan nanti, ” tambahnya. SON

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here